Berat Badan Ideal Ibu Hamil Wajib di Penuhi demi Buah Hati Tumbuh Normal

Posted on

Salah satu hal yang pasti terjadi pada ibu hamil adalah penambahan berat badan ideal ibu hamil. Hal ini sangat diperlukan demi menunjang perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan Anda. Lalu berapa normalnya berat badan ibu hamil? Untuk mengetahuinya, simak terus yuk artikelnya!

berat badan ideal ibu hamil

Berat badan ibu hamil setiap orang berbeda beda. Hal ini disebabkan beragam faktor seperti indeks massa tubuh (IMT) dan berat badan ibu hamil sebelum masa kehamilan. IMT didapatkan dari pembagian berat badan dengan tinggi tubuh dalam satuan meter kuadrat.

 

Komposisi Berat Badan Ibu Hamil

Tahukah Anda ternyata selain berat badan sang ibu, juga ada beberapa hal lain yang ikut menambah berat badan Anda ketika sedang hamil. Adapun hal lain tersebut diantaranya seperti :

  • Plasenta
  • Air ketuban
  • Jaringan payudara yang berkembang membesar
  • Naiknya volume darah
  • Cadangan lemak tubuh untuk melahirkan dan menyusui
  • Pembesaran rahim ibu hamil

 

Kenaikan Berat Badan Ideal Ibu hamil

Setiap masing-masing ibu hamil memiliki kenaikan yang berbeda satu sama lainnya. Adapun faktor yang mempengaruhi kenaikan berat badan ibu hamil disebabkan oleh banyak faktor. Adapun cara menghitung kenaikan berat badan ibu hamil dapat dilakukan dengan cara IMT atau Indeks Massa Tubuh. Berikut ini adalah cara mengitung IMT Anda.

IMT = Berat badan (kilogram) dibagi dengan tinggi badan pangkat dua (meter).

Jika berat badan Anda sebelum hamil sebesar 60 kilogram dengan tinggi badan 1,65 meter. Maka besar IMT Anda adalah sebagai berikut:

60 : (1,65)2 = 22

Besar Kenaikan Berat Badan Berdasarkan Jumlah Kehamilan

Setiap ibu hamil memiliki kenaikan berat badan yang berbeda satu sama lainnya. Ada sebagian ibu hamil yang ternyata mengandung anak kembar. Hal ini akan menyebabkan kenaikan berat badan Ibu hamil anak kembar akan berbeda.

 

Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil untuk Kehamilan tunggal

Jika niai IMT di bawah 18,5 maka kisaran kenaikan berat badan antara 13 kilogram hingga 18 kilogram. Sedangkan jika nilai IMT antara 18,5 – 24,9, maka kenaikan berat badan ibu hamil idealnya sekitar 11,5 kilogram – 16 kilogram. Dan ketika IMT Anda antara 25 – 29,9 maka besar kenaikan berat badan Anda idealnya antara 7 kilogram – 11,5 kilogram.

 

Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil untuk Kehamilan kembar

Ketika Anda mengandung anak kembar maka besar kenaikan berat badan Anda juga akan berbeda. Jika nilai IMTdi bawah 18,5 maka kisaran kenaikan berat badan idealnya antara 22.5 kilogram hingga 28 kilogram. Nilai IMT antara 18,5 – 24,9 akan memiliki kenaikan berat badan yang idealnya antara17 kg hingga 25 kg. Jika nilai IMT antara 25 – 29,9 maka besar kenaikan berat badan idealnya adalah 14 kg – 23 kg. Sedangan jika IMT di atas 30 maka kisaran kenaikan berat badan idealnya: 11 kg – 19 kg.

Asumsi Keliru Terkait Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil

Seringkali muncul asumsi keliru terkait penambahan berat badan ibu hamil. Seperti kalau ibu hamil harus memakan porsi makanan dua kali lipat. Hal ini disebabkan ibu hamil sedang berbadan dua. Asumsi tersebut kurang tepat, sebab ibu hamil tentu membutuhkan asupan kalori dalam jumlah lebih banyak, tetapi tidak harus mengonsumsi makanan dua kali lipat.

Baca juga :

 

Selain itu sebaiknya Anda tidak mengalami kenaikan berat badan berlebihan. Hal ini dapat memicu risiko bayi Anda akan mengalami gangguan kesehatan. Jadi, jagalah berat badan ideal ibu hamil sesuai dengan nilai IMT Anda.