Berapa Berat Badan Ideal Anak 2 Tahun? Apakah 10 Kg Normal?

Posted on

Mengetahui tinggi rata-rata dan berat badan ideal anak 2 tahun akan membantu Anda mengetahui apakah anak Anda perkembangannya sesuai dengan jalur yang diharapkan. Berat badan anak yang sedikit berada dibawah rata-rata, bisa dikatakan masih sehat juga, asalkan tetap pada arah kurva kenaikan berat badan sesuai Growth Chart. Meski begitu jika Anda ragu alangkah baiknya di konsultasikan dengan dokter anak.

berat badan ideal anak 2 tahun

Lalu berapa berat badan ideal anak usia 2 tahun 5 bulan? Apakah berat badan 10 kg normal?

Jika kita lihat tabel berat badan ideal anak umur 0 – 5 tahun, maka untuk anak usia 2 tahun 5 bulan berat badan anak laki – laki memiliki batas bawah 10.4 kg dan batas atas 16.6 kg. Sedangkan untuk anak perempuan berusia 2 tahun 5 bulan memiliki batas bawah 9.8 kg dan batas atas 16.2. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat pada : Tabel berat Badan Ideal Anak 0 – 5 tahun.

Dari data bersumber WHO diatas, maka jika buah hati Anda berjenis kelamin laki – laki dengan usia 2 tahun 5 bulan dengan berat 10 kg maka masih dibawa batas bawah. Namun, seperti telah disinggung diatas, jika bunda melihat grafik dari Growth Chart, kenaikan berat badan anak Anda mengikuti arah kurva, meskipun dibawah hal ini bisa dibilang masih wajar.

Ini sesuai pendapat Leona Victoria Djajadi, yang dikutip dari DetikHealth yang mengemukakan bahwa, meski berat badan anak dibawah kurva atau bisa dikatakan dibawah 5 percentile dimana mengindikasikan berat badan kurang, namun jika tetap mengikuti arah kurva maka bisa dikatakan wajar.

Hal yang perlu diperhatikan adalah selalu menandai perkembangan berat badan anak tersebut terutama pada kurva, sehingga diketahui pola perkembangan kenaikan berat badannya.

Jika pola grafik atau kurva tersebut cenderung menurun, maka perlu dipertanyakan asupan nutrisi atau makanannya. Termasuk juga asupan susu, apakah kurang ataukah tidak? Anda bisa berkonsultasi langsung saat imunisasi atau saat berkonsultasi pada dokter anak.

Lalu seberapa penting sih sehingga kita harus begitu tahu perkembangan berat badan anak kita?

Dikutip dari Kidshealth,  berat badan anak 2 tahun sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan lebih banyak mengalami masalah kesehatan.

Masalah – masalah kesehatan atau medis dan juga masalah genetika atau keturunan  bisa saja menjadi penghambat perkembanagan buah hati terutama diindikasikan dengan berat badan anak kurang atau menurun.

Jika balita memiliki berat badan lebih dari biasanya katakanlah diatas batas atas berat badan menurut WHO, maka ada peningkatan risiko terkena diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, sleep apnea, masalah tulang dan juga pubertas dini, ini menurut laporan dari Sistem Kesehatan Universitas Michigan.

Seorang anak yang berusia 2 tahun dimana memiliki berat badan kurang dari rata-rata, bisa juga mengindikasikan anak tersebut mengalami kekurangan vitamin dan mineral. Kekurangan ini dapat menurunkan tingkat kesehatan tubuh anak itu sendiri dan mengganggu perkembangan anak tersebut.

Tentu saja hal ini tidak kita inginkan. Anak diusia 0 – 5 tahun membutuhkan asupan nutrisi berupa vitamin dan mineral yang cukup tetapi tidak boleh berlebihan.

Lalu bagaimana dengan perkembangan tinggi badan? Selain asupan gizi berupa vitamin serta mineral, faktor keturunan juga menentukan tinggi badan anak. Anak usia 2 tahun ataupun usia diatasnya  memiliki tinggi badan yang bervariasi.

Jika pasangan orang tua memiliki tubuh tinggi maka anak dimungkinkan nantinya akan tumbuh tinggi seperti kedua orang tuanya. Sebaliknya, jika orang tua berbadan pendek atau kecil maka dimungkinkan anaknya akan memiliki tubuh yang kecil atau pendek.

Tinggi anak 2 tahun cenderung akan mengikuti tinggi badan kedua orang tua, apakah orang tua memiliki badan yang tinggi ataukah pendek. Menurut Kidshealth, faktor genetik dari kedua orang tua terlihat juga pada tinggi badan anak, termasuk saat mereka berusia 2 tahun.

Tetapi jika anak terlihat sangat pendek, maka perlu dicurigai mengenai asupan nutrisi yang kurang pada anak tersebut. Maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter anak jika perkembangan buah hati Anda terlihat tidak normal.

Demikian ulasan mengenai berat badan ideal anak 2 tahun, semoga bermanfaat bagi bunda semua.