Berapa Berat Badan Ideal Bayi Perempuan 9 Bulan? Baca Juga Tips Cara Menaikannya

Posted on

Peningkatan fisik dan kecerdasan bayi dirasakan meningkat saat menginjak usia 9 bulan dengan menunjukkan ketrampilan motoriknya. Bagi bunda yang memiliki bayi perempuan, berat badan ideal bayi perempuan 9 bulan adalah 8.2 kg. Untuk berat badan ideal bayi bayi laki – laki sendiri adalah 8.9 kg. Batas bawah berat badan bayi perempuan nomal adalah 6.5 kg sedangkan pada bayi laki – laki 7.1 kg. Dibawah angka ini maka bayi dikatakan underweight atau berat badan kurang. Namun jangan kawatir karena kami akan memberikan tips cara menaikkan berat badan bayi usia 7 sampai 9 bulan.

berat badan ideal bayi perempuan 9 bulan

Untuk batas normal atas berat badan bayi perempuan normal adalah 11 kg dan laki – laki 10.5 kg. Diatas angka ini maka bayi tersebut mengalami overweight atau kelebihan berat badan.

Berat badan ideal bayi perempuan 9 bulan

Usia Jenis Kelamin Underweight Normal Bawah Ideal Bawah Ideal Ideal Atas Normal Atas Overweight
9 bulan L 6.4 kg 7.1 kg 8 kg 8.9 kg 9.9 kg 11 kg 12.3 kg
P 5.8 kg 6.5 kg 7.3 kg 8.2 kg 9.3 kg 10.5 kg 12 kg

Dengan mengetahui angka berat badan bayi ini maka sebagai ibu tentu akan semakin memperhatikan perkembangan si buah hati. Jika buah hati Anda memiliki berat badan dibawa normal maka jangan kawatir, ada beberapa kiat atau cara menaikkan berat badan bayi seperti kami berikan dibawah ini.

Cara menaikkan berat badan bayi 9 bulan

1. Tetap berikan ASI
Tetap berikan ASI secara teratur sampai bayi berumur 2 tahun. Asupan terbaik bagi buah hati adalah ASI diusia tersebut karena memberikan segudang manfaat berupa pertahanan tubuh terhadap berbagai serangan bakteri melalui udara maupun makanan serta memberikan kebutuhan nutrisi yang sangat penting untuk tumbuh kembang si buah hati.

2. Berikan waktu tidur yang cukup untuk bayi
Bayi memrlukan waktu tidur 12 jam agar tubuh tetap sehat dan kondisi kesehatan badan yang stabil. Bayi yang kurang tidur akan mudah untuk terserang penyakit dan mudah rewel karena kondisi tubuhnya yang kurang fit.

3. Berjemur di pagi hari
Bayi yang sedang dalam masa tumbuh dan berkembang membutuhkan sinar matahari dimana vitamin D ini sangat dibutuhkan bagi bayi. Kesehatan tulang juga akan terus terjaga dengan berjemur di pagi hari. Selain itu sinar matahari di pagi hari akan menambah daya tahan tubuh bagi si bayi sehingga akan berperan penting dalam menjaga berat badan ideal bayi perempuan kesayangan Anda.

4. Penuhi asupan gizi yang seimbang
Cara menaikkan berat badan bayi perempuan lainnya tentu saja menyediakan asupan gizi yang seimbang bagi si buah hati. Penuhi kebutuhan nutrisi makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna secara berlanjut agar berat badan ideal bayi kesayangan Anda tetap terjaga.

5. Pemberian suplemen
Jika memang perlu selalu konsultasikan ke dokter anak agar berat badan ideal bayi perempuan di umur 9 bulan atau 7 bulan bisa terus naik dan berada pada angka ideal.
Cara menaikkan berat badan bayi dengan pemberian asupan suplemen tambahan ini penting agar badan tidak underweight.

6. Pemberian vaksin
Agar bayi tetap sehat maka perlu pemberian vaksin agar bayi tidak terserang jenis virus tertentu sehingga berat badan ideal bayi bisa tercapai. Virus yang menyerang bayi bisa membuat bayi sakit dan hilang nafsu makannya sehingga berat badan bayi menjadi turun.

7. Variasi menu makanan bayi
Agar bayi tidak bosan dan selalu memiliki nafsu makan lebih, maka bisa menggunakan menu makanan bayi yang bervariasi. Cara ini cukup efektif agar bayi mudah makan dan tidak bosan dengan menu yang itu – itu saja.

Baca juga : 

Dengan cara – cara tersebut maka berat badan ideal bayi perempuan 9 bulan maupun 7 bulan bisa tercapai dan kondisi bayi menjadi tetap sehat. Beberapa variasi makanan yang bisa digunakan agar berat badan bayi naik dan bayi tetap sehat misalnya bubur susu, biskuit, bubur tim, susu, kombinasi jus pisang dan kurma, jus wotel dan daging, bayam maupun daging salmon yang kaya akan nutrisi penting untuk perkembangan otak si buah hati. Asupan nutrisi otak sangat diperlukan untuk perkembangan otak dan kecerdasan otak bayi.