Berapa Kenaikan Berat Badan Ideal Wanita Hamil Usia 5 – 8 Bulan? Cari Tahu Disini!

Posted on

Sudah menjadi hal yang umum jika berat badan wanita hamil akan selalu naik. Namun ada juga berat badan ibu hamil tidak naik secara signifikan. Hal ini harus diketahui karena kenaikan berat badan ideal ibu hamil juga sangat penting untuk pertumbuhan janin. Naiknya bobot tubuh ibu hamil menunjang kelangsungan bagi perkembangan janin itu sendiri seperti pada trimester pertama dimana organ penting seperti otak, panca indera serta alat kelamin sedang dibentuk. Kenaikan berat badan ibu hamil tiap trimester bisa berbeda – beda, tergantung pada kondisi badan masing – masing. Pada kesempatan kali ini, kita juga akan mengetahui berat badan ibu hamil usia 5 bulan dan 8 bulan serta perkembangan bayi di bulan tersebut.

berat badan ideal ibu hamil

Kenaikan berat badan ibu hamil tiap trimester

Kenaikan berat badan ibu hamil trimester pertama : 0,5 – 2 kg

Kenaikan berat badan ibu hamil trimester kedua & ketiga :

  •  Untuk bobot badan dibawah normal  : 0,4 – 0,59 kg
  •  Untuk bobot badan normal : 0,36 – 0,45 kg
  •  Untuk badan berlebih : 0,23 – 0,32 kg
  •  Untuk orang yang obesitas : 0,18 – 0,27 kg

 

Berat badan ibu hamil usia 5 bulan

Dari kenaikan berat badan tiap trimester tersebut maka sudah bisa kita ketahui, kenaikan bobot tubuh ibu hamil dalam tiap bulannya. Di usia 5 bulan ibu hamil dimana ini merupakan trimester ke dua, maka berat badan ibu hamil dalam kategori bobot badan normal akan terjadi kenaikan 0,36 – 0,45 kg.

Rata – rata kenaikan berat badan ideal wanita hamil usia 5 bulan atau minggu ke-21 sampai minggu ke-24 adalah 4,7 kg – 5,5 kg.

Usia 5 bulan dihitung mulai dari minggu ke-21 – ke-24. Dibulan ke lima ini berat janin akan bertambah dari minggu ke – minggu. Berat janin sendiri biasanya berkisar 360 gr atau 0,34 –  0,36 kg dengan panjang kurang lebih 21,5 –  27 cm. Diakhir bulan ke lima, berat janin bisa mencapai 600 gr dengan panjang sekitar 30 cm.

Jika pada bulan ke 5 janin terlihat lebih besar atau lebih kecil, Bunda jangan kawatir. Panjang dan berat badan janin bisa berbeda – beda. Oleh karena itu, terus tetap konsultasikan dengan dokter dan minta turuti saran dari dokter.

Pada usia 5 bulan sampai 7 bulan ini, ibu hamil akan mulai merasakan sensasi getaran, kemudian akan berkembang menjadi gerakan memukul dan meninju. Denyut jantung dari fetus sendiri terdengar sangat kuat sehingga bisa Bunda dengar menggunakan stetoskop yang ditempelkan di perut ibu hamil.

Selama bulan ke lima sampai ketujuh ini terjadi perkembangan seperti kelopak mata atas dan bawah mulai terpisah serta bulu mata telah terbentuk.

Berat badan ibu hamil 8 bulan

Berat badan ibu hamil 8 bulan rata – rata akan naik 10 – 11 kg. Angka ini tidak pasti karena tetap menyesuaikan dengan kondisi dari masing masing ibu hamil. Namun kenaikan dengan rata – rata 10 – 11 kg adalah kenaikan berat badan yang normal / ideal bagi ibu hamil.

Kehamilan di bulan 8 atau sekitar minggu ke 35 sampai 38, maka berat badan bayi bisa mencapai 2,4 kg dengan panjang tubuh kurang lebih 45 cm.

Di kehamilan 8 bulan ini, dinding Rahim ibu hamil sudah mulai menipis karena mulai membesar dan merenggang. Hal ini akan menyebabkan cahaya masuk sehingga bayi mulai memiliki siklus dalam keseharinnya.

Di minggu ke – 38 ini, bayi telah memiliki sepasang ginjal yang sempurna, organ hati juga sudah bekerja. DI bulan ke – 38 ini, kenaikan berat badan ibu hamil akan mencapai puncaknya. Bahkan kenaikan berat badan bisa mencapai 11 kg lebih. Ada juga ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan sampai 14 kg bahkan lebih.

Disaat itu, bunda akan merasa mulai terengah – engah serta sering buang air kecil. Meski begitu, ibu hamil disarankan jangan mengurangi konsumsi air putih karena bayi Bunda membutuhkan cairan yang cukup.

Ibu hamil disarankan untuk mengurangi konsumsi kopi dan teh karena kedua jenis minuman ini akan membuat ibu hamil sering buang air kecil.

Pada minggu ke-36, berat badan bayi sekitar 2,7 kg dan rata – rata panjang bayi 45 cm. Berat badan bisa bertambah 28 gram. Disini ibu hamil akan merasakan tekanan yang lebih keras terutama pada perut bagian bawah. Hal ini menandakan terjadi rotasi dan kepala si bayi semakin turun kebawah.

Ibu hamil juga akan merasakan kondisi yang lebih lega terutama pada bagian dekat paru – paru dan lambung karena kepala bayi sudah mulai berotasi kebawah. Namun ibu hamil juga akan merasa kurang nyaman karena soalah – olah bayi akan keluar dari bawah dan Bunda akan sering ingin ke toilet guna buang air kecil.

Jika Anda telah melewati akhir minggu 37 atau 38 ini, maka Anda bisa bergembira karena bayi sudah dalam kondisi melewati masa prematur atau disebut full term. Bayi yang lahir sebelum minggu ke-37 adalah premature, sedangkan yang lahir setelah minnggu ke-42 adalah lewat waktu atau post term.  Disini Anda sudah bernafas lega karena satu kekawatiran telah lewat dan bayi mungil Bunda bisa lahir kapan saja.

Info menarik lainnya : 

Demikian topik bahasan mengenai seputar kenaikan berat badan ideal wanita hamil usia 5 bulan dan 8 bulan. Semoga membawa manfaat bagi bumil sekalian, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =