Berapa Tinggi dan Berat Badan Ideal Untuk Wanita Indonesia? Cek Disini!

Posted on

Memiliki bentuk badan yang ramping merupakan impian terutama para wanita. Mereka berlomba – lomba untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal dengan berbagai cara. Tidak hanya mempercantik penampilan saja, dengan memiliki berat badan ideal, para wanita juga dapat terhindar dari resiko beberapa penyakit kronis seperti diabetes, jantung maupun stroke. Lalu bagaimana cara menghitung berat badan ideal wanita Indonesia?

berat badan ideal wanita indonesia

Masih sama, Anda dapat menggunakan Indeks massa tubuh atau dikenal dengan BMI (Body Mass index) dimana ini merupakan penilaian dari bobot badan yang sering digunakan dan merupakan penggukuran berat tubuh ditinjau dari faktor kesehatan.

Penilaian menggunakan BMI atau istilah lainnya IMT dilakukan dengan membagi berat badan (kg) dibagi dengan kuadrat tinggi badan. Hasilnya bisa dilihat masuk ke kategori mana menurut nilai IMT.

Lalu bagaimana dengan berat badan ideal untuk wanita Indonesia?

Sama! Anda bisa menggunakan rumus BMI tesebut untuk mengetahui berat badan ideal Anda, apakah sudah termasuk kedalam ideal, berat badan kurang, berlebih, obesitas dan sebagainya.

Alasan untuk memiliki berat badan ideal?

Mungkin ada pertanyaan mengapa kita susah – susah harus menurunkan berat badan atau menaikkan berat badan sehingga kita nantinya memiliki bobot tubuh ideal atau normal.

Seperti disinggung sebelumnya, jika kelebihan berat juga bisa berdampak pada tingkat kesehatan seseorang. Orang yang memiliki tingkat obesitas level 1 sampai III memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi terkena penyakit kronis, terutama diabetes, jantung dan penyumbatan pembuluh darah atau stroke. Selain itu berbagai penyakit lain juga mengintai orang yang memiliki kelebihan berat badan.

Dalam nilai IMT atau BMI pun ada tingkatan kategori sesuai dengan bobot tubuh seseorang.

  • Pre obesitas jika IMT 25 – 29,9 kg/m2 dengan resiko komorbiditas meningkat
  • Obesitas 1 jika IMT 30 – 34,9 kg/m2 dengan resiko komorbiditas sedang
  • Obesitas 2 jika IMT 35 – 39,9 kg/m2 dengan resiko komorbiditas berbahaya
  • Obesitas 3 jika IMT ≥ kg/m2 dengan resiko komorbiditas sangat berbahaya

Komorbiditas disini diartikan sebagai satu atau lebih gangguan penyakit disamping penyakit utama/penyakit primer dalam waktu yang sama.

Dengan mengetahui resiko terkena beberapa penyakit secara bersamaan tersebut, alangkah baiknya kita mencegahnya dengan menjaga berat badan kita agar normal, tidak mengalami obesitas sehingga bisa mengurangi resiko terkena beberapa penyakit kronis yang berbahaya.

Berat badan ideal wanita Indonesia

berat badan ideal wanita Indonesia

Lalu berapa berat badan ideal wanita Indonesia yang disarankan?

Berat badan ideal akan selalu menyesuaikan dengan tinggi badan seseorang.

Orang Indonesia memiliki tubuh yang lebih pendek daripada orang Barat atau bangsa Eropa. Rata – rata orang Asia memiliki tinggi badan tidak lebih dari 1,9 meter.

Berdasarkan perhitungan dan data dari sumber terpercaya, rata – rata tinggi badan wanita Indonesia antara 155 cm – 165 cm.

Untuk berat badan ideal wanita Indonesia dengan tinggi 155 – 165 antara 45 kg – 55 kg.

Baca juga : 6 Cara Ampuh Menambah Berat badan Ideal Wanita

Ada juga pendapat yang menyebutkan jika tinggi badan wanita Indonesia adalah 165 cm – 172 cm. Jika menggunakan tinggi badan tersebut maka berat badan ideal wanita Indonesia nya adalah sekitar 55 kg – 62 kg.