(Lengkap) Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Berdasarkan Tinggi & Umur

Posted on

Beratbadan.my.idBerapa berat badan ideal wanita? Untuk menghitungnya kita bisa menggunakan beberapa rumus atau menggunakan kalkulator berat badan ideal. Cara menghitung bobot badan ideal wanita pada umumnya menggunakan Rumus BMI, Rumus berat badan Brocha dan rumus Key. Ketiga rumus ini cukup untuk mengetahui bobot tubuh ideal wanita berdasarkan umur dan juga tinggi badan. Selain itu, kami juga akan memberikan tabel berat badan ideal yang tentunya juga akan memudahkan Anda mengetahui apakah bobot tubuh Anda sudah sesuai dengan tinggi badan.

Cara menghitung berat badan ideal wanita

Cara menghitung berat badan ideal wanita

Sebenarnya mengenai bagaimana cara mengetahui berat badan ideal pada wanita telah atau akan kami berikan kepada Anda dalam artikel tersendiri. Namu begitu, melalui artikel ini, kami akan berikan secara lengkap bagaimana menghitung berat badan ideal terutama pada wanita yang selalu ingin tampil menarik dengan tubuh idealnya.

  1. Cara menghitung berat badan ideal wanita dengan rumus BMI

BMI adalah penilaian bobot badan yang memperhitungkan aspek kesehatan tubuh seseorang. BMI sering disebut juga dengan IMT atau Indeks Massa Tubuh, dimana rumus ini sering diperggunakan untuk mengetahui berat badan ideal seseorang berdasarkan kesehatan orang tersebut.

Cara menghitung berat badan ideal wanita dengan BMI atau IMT juga dapat menentukan tubuh seseorang apakah ideal, gemuk atau kurus.

Cara mengukur bobot tubuh ideal dengan IMT atau BMI dengan cara membagi berat badan (Kilogram) dengan kuadrat dari tinggi badan (meter). Penilaian ini hanya berlalaku untuk orang yang berumur  20 sampai dengan 65 tahun.

Terdapat beberapa kategori dalam menentukan berat badan ideal menggunakan IMT, yakni Normal, Overweight dan juga obese. Namun ukuran tersebut berbeda – beda untuk setiap Negara.

Berikut ini adalah pembagian kategori IMT ideal berdasarkan pada WHO :

Nilai IMT Ideal Kelebihan berat badan (Overweight) Obesitas
19 – 24 (perempuan) 25 – 30 > 30
20 – 65 (laki – laki)

Dari kategori IMT tabel berat badan diatas maka bobot badan ideal  perempuan menurut IMT / BMI adalah 19 – 24. Sedangkan pada laki – laki yaitu 20 – 65. Jika pada laki – laki dan perempuan memiliki IMT 25 – 30 maka dikatakan laki – laki atau wanita tersebut memiliki berat badan Overweight. Sedangkan jika IMT melebihi angka 30 maka bisa dikatakan orang tersebut mengalami obesitas.

 

Contoh :

Berapa berat badan ideal wanita tinggi 155 dengan bobot tubuh 60 kg, apakah bobot badan wanita tersebut termasuk ideal? Maka perhitungannya :

Dari hasil perhitungan berat badan ideal wanita tersebut maka IMT 22,88 tergolong ideal menurut kategori WHO.

 

Perhatian!

IMT ini tidak bisa digunakan pada anak – anak sedang sedang mengalami masa pertumbuhan, ibu hamil dan menyusui serta seorang atlet dengan bentuk tubuh yang berotot.

Cara menghitung berat badan ideal wanita dengan IMT ini dapat dipakai untuk menentukan seseorang apakah orang itu memiliki suatu resiko penyakit tertentu atau tidak melalui bobot tubuhnya.

Jika seseorang memiliki IMT diatas angka 30 maka orang tersebut harus segera mendapat penanganan agar berat badannya nantinya bisa dikendalikan serta mengurangi resiko terkena suatu penyakit tertentu atau disebut dengan Komorbiditas.

 

Tabel berat badan ideal 1. Hubungan nilai IMT dengan risiko komorbiditas

Untuk mengetahui berat badan ideal atau tidak jika dihubungkan dengan risiko terhadap penyakit tertentu atau komorbiditas maka kami berikan tabel hubungan IMT dengan komobiditas.

Kategori IMT (Kg/m2) Resiko Komordibiditas
Berat badan kurang (Underweight) < 18.5 Rendah, namun resiko masalah klinis lain meningkat
Batas Normal (Ideal) 18.5 – 22.9 kg/m2 Rata – rata
Kelebihan Berat badan (Overweight) ≥ 25 kg/m2
Pre-Obesitas 25 – 29,9 kg/m2 Meningkat
Obesitas I 30 – 34,9 kg/m2 Sedang
Obesitas II 35 – 39,9 kg/m2 Berbahaya
Obesitas III ≥ 40 kg/m2 Sangat berbahaya

 

Tabel berat badan ideal 2. Standar bobot tubuh ideal pria dan wanita menurut BMI

Untuk lebih detailnya, berikut ini kami berikan juga standar BMI secara terpisah antara wanita dan pria :

Tabel Standar BMI Wanita

Nilai BMI Kategori
BMI < 18 Under Weight atau Kurus . Saran : Konsumsi makanan berkarbohidrat, protein dan lemak. Konsumsi susu penambah berat badan serta rutin melakukan olahraga terutama melatih otot tubuh.
BMI 18 – 25 Normal Weight/Normal. Saran : Bagus, cukup penuhi gizi seimbang agar berat badan tetap stabil
BMI 25 – 27 Over Weight/Kegemukan. Solusi : Lakukan program penurunan berat , diet carbo sangat disarankan, ganti cemilan berlemak, berminyak dan yang mengandung garam dengan buah
BMI > 27 Obesitas. Saran : Program penurunan berat badan harus dilakukan secara intensif dan sungguh sunggu. Perlu konsultasi dengan dokter gizi agar diet lebih aman dan efektif

 

Tabel standar BMI Pria

Nilai BMI Kategori
BMI < 17 Under Weight/Kurus. Solusi : Tambah konsumsi makanan berkalori, susu penambah berat badan, latihan otot
BMI 17 – 23 Normal Weight/Normal. Solusi : Tetap jaga berat badan secara stabil denga menjaga pola makan sehat
BMI 23 – 27 Over Weight/Kegemukan. Solusi : Mulai perhatikan menu dan pola makan, harus waspada!
BMI > 27 Obesitas – Peringatan! Solusi : Lakukan program penurunan bobot tubuh dengan sungguh – sunggu dan serius. Libatkan dorkter gizi untuk terus memantau terus perkembangan berat badan Anda!

 

  1. Cara menghitung berat badan ideal wanita dengan rumus brocha

Menghitung berat badan wanita berdasarkan umur menggunakan rumus brocha lebih mudah lagi. Namun kita harus mengetahui tinggi badan seseorang untuk mengetahui bobot badan normal atau idealnya.  Rumus Brocha lebih mudah diingat dan dimengerti. Berikut rumus menghitung bobot tubuh normal atau ideal dengan rumus Brocha :

Bobot tubuh Normal = (Tinggi badan – 100)

Bobot tubuh ideal = (Tinggi badan  – 100) – [10%(Tinggi badan – 100)]

 

Contoh :

Seorang wanita memiliki tinggi badan 170 cm. Maka bobot tubuh normalnya adalah sebagai berikut :

170 – 100 = 70 kg

Berat badan ideal wanita tersebut adalah 70 – 7 = 63 kg

 

Nah, mudah bukan? Apabila bobot tubuh memiliki lebih dari 15% dari bobot badan normalnya (Tinggi badan – 100) maka orang tersebut dikategorikan kedalam kegemukan.

Pemakaian rumus berat badan Brocha ini lebih cocok untuk diterapkan pada usia remaja dewasa serta mereka yang memiliki usia dewasa muda. Jika diterapkan pada mereka yang telah tua maka akan sering kurang sesuai hasilnya karena beberapa memiliki faktor lain selain bobot tubuh dan tinggi badan.

 

  1. Rumus Key

Selain menghitung menggunakan rumus BMI dan Brocha serta menghitung otomatis dengan kalkulator berat badan ideal, kita juga bisa menggunakan rumus Key untuk mengetahui berat badan ideal kita.

Cara menghitung berat badan ideal wanita menggunakan rumus Key adalah dengan mengalikan faktor pengali yang telah ditentukan sebelumnya.

Berikut rumusnya:

Bobot Badan Ideal = Tinggi badan (meter)2 x 22

Misalnya, Seseorang dengan tinggi 150 cm, maka seharusnya memiliki berat badan ideal 1,7 x 1,7 x 22 = 53,5 kg

Untuk menghitung berat badan secara terperinci maka dilakukan dengan membedakan faktor pengalinya yakni untuk laki – laki yaitu 22,4, sedangkan untuk wanita yakni 22,9.

Contoh :

Wanita yang memiliki tinggi badan 160 cm memiliki bobot tubuh ideal 1,6 x 1,6 x 20,9 = 53,5 kg.

Pria yang memiliki tinggi 160 cm memiliki bobot tubuh sebesar 1,6 x 1,6 x 22,4 = 57,3 kg

Pada remaja baik laki – laki maupun perempuan yang memiliki tinggi badan yang berkembang pesat daripada berat badannya, maka bobot tubuhnya biasanya kurang ideal atau bisa dibilang kurus. Namun hal tersebut tidak perlu Anda risaukan karena di masa pertumbuhan, perkembangan tubuhnya begitu cepat terutama tinggi badan sehingga hal ini sekali lagi tidak perlu Anda risaukan.

Hal terpenting saat usia remaja sebaiknya dipenuhi dengan makanan yang begizi agar pertumbuhannya terutama tinggi badan bisa maksimal, sehingga setelah melewati masa pertumbuhan tinggi badan sudah ideal dan berat badan ideal tetap stabil yakni tidak berlebihan atau kurang.

Demikian cara menghitung berat badan ideal wanita menggunakan 3 rumus. Jika Anda tidak ingin repot maka bisa memakai kalkulator berat badan ideal atau melihat tabel berat badan ideal dimana tinggi badan dan bobot tubuh ideal sudah terpampang dan tidak perlu menghitung lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =