Wajib Tahu Perkembangan Berat Janin Usia 6 Bulan yang Normal

Posted on

Berat badan ideal – Dalam masa kehamilan, ibu hamil akan selalu memantau perkembangan kesehatannya termasuk perkembangan janin usia 6 bulan. Berat Janin 6 Bulan perlu diketahui apakah pertumbuhannya normal tidak.

 Berat Janin 6 Bulan

Salah satu indikasi kehamilan sehat yaitu berat janin yang sesuai dengan usia kehamilan. Anda harus memahami bahwa pertumbuhan panjang dan berat janin berbeda satu sama lain. Tidak perlu khawatir berlebihan jika hasil pemeriksaan janin lebih kecil atau lebih besar saat diperiksa dengan ultrasound.

Ada banyak pertanyaan yang sering ditanyakan ketika usia kehamilan masuk 6 bulan. Inilah akhir dari trimester dua, diantara pertanyaannya seperti: berapa berat janin yang paling minimal, bagaimana perkembangannya, dan apa yang harus dilakukan bunda, termasuk posisi tidur untuk ibu hamil 6 bulan.

Menghitung Penambahan Berat Janin 6 Bulan

Pada usia kehamilan 6 bulan dimulai dari hitungan kehamilan minggu ke 25 hingga minggu ke 28. Adapun berat janin secara umum memiliki kisaran 660 gram hingga satu kilogram dengan panjang 35-38 centimeter. Anda perlu mengingat bahwa usia kehamilan berbeda dengan usia janin. Usia janin di hitung mulai dari masa konsepsi jadi ada selisih kurang lebih 2 minggu dengan usia kehamilan.

Perkembangan Janin Usia 6 Bulan Per Minggu

Minggu ke-25, berat janin bayi Anda sekitar 660 gram dengan panjang sekitar 35 cm. Panjang janin ini dihitung dari puncak kepala hingga kaki. Selain itu, tubuh janin akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan lemak sehingga kulit janin akan tampak semakin halus. Terutama jika perut ibu hamil diberi sinar dari senter, maka bayi Anda akan memalingkan kepala.

Pada Minggu ke-26, berat janin bayi Anda sekitar 760 gram dengan panjang sekitar 36 centimeter. Janin Anda akan sudah mulai mencoba membuka matanya. Selain itu juga janin Anda mulai menunjukkan respons ketika disentuh dan pada saat melihat cahaya.

Minggu ke-27, berat normal janin 6 bulan akan mencapai sekitar 875 gram dengan panjang dari kepala hingga kaki sekitar 36 cm. Janin bayi Anda sudah mampu membuka dan menutup mata. Selain itu juga  tidur dan bangun dengan pola ritme tertentu. Bagian otaknya sudah benar-benar aktif sekarang.

Pada Minggu ke-28, berat janin usia 6 bulan akan bertambah hingga satu kilogram. Sedangkan panjang janin bayi akan mencapai 38 cm. Pada usia ini, janin sudah mampu memutar kepala ketika melihat cahaya dan sudah terbiasa berkedip. Kemudian lapisan lemak semakin banyak terbentuk di seluruh tubuh, proses ini bersamaan dengan pembentukan tulang.

 

Faktor Pendukung Perkembangan Janin

Seiring bertambahnya berat janin 6 bulan, perkembangan tubuh dan otak janin sangat cepat. Sehingga ibu hamil akan sangat memerlukan dukungan nutrisi kehamilan yang memadai. Adapun konsumsi yang dianjurkan adalah makanan kaya serat termasuk gandum dan beras merah yang tinggi vitamin B, dilengkapi dengan kacang-kacangan dan sayur-sayuran. Kandungan nutrisi diatas juga sekaligus dapat mengatasi keluhan yang sering terjadi pada kehamilan seperti mencegah sulit buang .

Selain itu rahim ibu akan terus membesar seiring perkembangan janin. Pada saat usia kehamilan 6 bulan, rahim sudah hampir mencapai rusuk yang membuat ibu hamil terkadang sesak napas. Ibu hamil juga kemungkinan merasakan gatal pada perut, wasir, mengalami varises ataupun kaki kram saat hamil.

Baca juga :

 

Anda harus rutin untuk memeriksa kehamilan sesuai saran dokter ataupun bidan terdekat guna mengetahui apakah berat janin 6 bulan sudah sesuai. Dengan memeriksa secara berkala, maka perkembangan janin usia 6 bulan akan selalu diketahui apakah normal ataukah tidak. Selalu konsumsi makanan bergizi dan hindari aktivitas fisik yang berlebihan agar ibu hamil dan bayi tetap sehat.