Cara Cepat Menambah & Menaikan Berat Badan Bayi 2 Bulan

Posted on

Cara menambah berat badan bayi – Kali ini kita akan mengetahui bagaimana cara menaikan berat badan bayi 2 bulan serta mengetahui beberapa penyebab berat badan bayi 1 – 6 bulan susah untuk naik. Untuk mengetahui pertumbuhan bayi, bunda dapat mengukur berat badan dan panjang dari buah hati bunda. Kemudian periksa juga nutrisi apa saja yang selama ini bunda berikan untuk mengetahui dan memantau pertumbuhan dan perkembangan  terutama berat badan dan tinggi badannya. Untuk mengetahui ini semua, bunda dapat memakai KMS atau Kartu Menuju Sehat.

cara menaikan berat badan bayi 2 bulan

Menurut angka kecukupan gizi di Indonesia, untuk bayi umur 1 – 3 tahun memiliki berat badan normal sekitar 12 kg sedangkan tinggi badannya adalah 90 cm. Berat badan bayi 2 bulan yang ideal adalah 5,6 kg atau antara 4,9 – 6,3 kg untuk bayi laki – laki. Untuk bayi perempuan adalah 5,1 kg atau antara 4,5 – 5,8 kg.

Banyak ibu yang memiliki bayi mengeluhkan berat badan bayinya yang susah naik. Untuk mengatasinya dibutuhkan cara cepat menaikan berat badan bayi agar bayi dapat tumbuh sehat dan normal. Meski begitu, cara menambah berat badan bayi membutuhkan pengawasan agar benar – benar tahu perkembangan bayi tersebut.

Penyebab berat badan bayi 2 bulan susah naik

Penyebab berat badan bayi susah naik diantaranya adalah porsi dan asupan nutrisi yang dikonsumsi bayi belum optimal. Selain itu, kondisi kesehatan bayi seperti pilek dan batuk bisa mempengaruhi buah hati Anda dalam mengkonsumsi makanan. Selain itu gangguan pencernaan terutama diare juga menjadi salah satu penyebab utama bayi menjadi kurus.

Tidak sedikit pula ibu yang memiliki buah hati untuk membuka gedong bayi sehingga bayi bebas bergerak sehingga bayi akan meningkat intensitas menyusuinya. Hal ini akan meningkatkan berat badan bayi.

Namun ada juga yang mempercayai atau mendapatkan pengalaman jika bayi yang tidak digedong yang membuat bayi tersebut aktif bergerak justru memiliki berat badan yang kurang gemuk.

Cara cepat menambah & menaikan berat badan bayi 2 bulan

Cara menambah berat badan bayi usia 2 bulan adalah dengan pemberian ASI yang berkualitas.

cara menambah berat badan bayi 2 bulanBayi yang berumur dibawah 6 bulan sangat bergantung terhadap kebutuhan nutrisi dari asupan ASI. Untuk itu, pemberian ASI eksklusif harus diberikan pada bayi usia 6 bulan kebawah termasuk bayi 2 bulan.

Meningkatkan kualitas ASI dapat membuat perkembangan bayi menjadi sehat dan berkembang baik. Untuk ibu menyusui sebaiknya meningkatkan asupan gizi dan nutrisi yang baik dan menghindari stress.

Permasalahan berat badan bayi umur 2 bulan atau 3 – 6 bulan sering dialami oleh ibu – ibu yang sedang mengasuh buah hatinya. Banyak yang mengeluhkan berat badan bayi mereka kurang dan tidak sedikit dari mereka yang merasa resah.

Baberapa pengalaman para ibu yang mengasuh buah hatinya, mereka menganjurkan untuk meningkatkan asupan gizi makanan.

Beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi guna menaikan berat badan bayi 2 bulan – 6 bulan yakni mengkonsumsi bayam dan kacang – kacangan. Namun dalam mengkonsumsi kacang – kacangan juga tidak boleh berlebihan.

Saran lain adalah dengan memasukan Extra Virgin Olive Oil atau minyak zaitun dalam MPASI-nya dimana ini akan memberikan asupan kolestrol baik serta lemak tak jenuh yang dapat membuat berat badan bayi naik dan bayi bertambah gemuk.

Baca juga :  Tinggi & Berat Badan Ideal Bayi 11 Bulan Serta 1 Tahun

Agar lebih jelas dan mantap, bunda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan solusi terbaik untuk menambah dan menaikan berat badan buah hati bunda. Dengan berkonsultasi, maka bunda dapat mengetahui kondisi bayi bunda. Hal paling penting adalah buah hati bunda memiliki tubuh yang sehat. Semoga membantu.