Cara Menaikan Berat Badan Bayi Dalam Kandungan Serta Makanan Penambah Bobot Janin Yang Baik

Posted on

Makanan penambah berat badan janin – Tidak semua bayi bertambah berat badannya dan dokter kandungan Anda mungkin mengatakan bahwa bayi Anda memiliki bobot dibawah rata-rata. Namun dengan mengetahui beberapa tips dan cara menaikan berat badan bayi dalam kandungan ini, maka Anda akan tetap mendapatkan peluang untuk memiliki buah hati dengan berat badan ideal.

cara menaikan berat badan bayi dalam kandungan

Saat usia kehamilan telah mencapai 31 minggu, bayi Anda biasanya memiliki panjang sekitar 15,5 inci dan berat antara 3,5 dan 4 pound, ini menurut American Pregnancy Association. Selama beberapa minggu kemungkinan besar bayi akan mendapatkan kenaikan berat badan paling sedikit 3 pound lagi, bahkan bisa lebih. Selanjutnya bayi akan bertambah panjangnya sekitar 4 sampai 5,5 inci. Seiring pertumbuhan bayi Anda, bayi akan mengembangkan lapisan lemak di bawah kulitnya, dan mempersiapkan untuk kelahirannya (American Pregnancy Association).

Cara menaikan berat badan bayi dalam kandungan & makanan penambah berat badan janin

Tingkatkan asupan kalori

Nutrisi adalah kunci selama kehamilan. Makanan yang Anda makan berperan langsung dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup berbagai macam buah-buahan, sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak dan makanan olahan susu dapat dipastikan bahwa bayi Anda akan lahir dengan mendapatkan setiap nutrisi yang dibutuhkannya untuk tumbuh dan berkembang. Selama trimester ketiga, yang merupakan tiga bulan terakhir kehamilan, Anda harus makan sekitar 300 kalori tambahan per hari untuk meningkatkan pertumbuhan normal, menurut American Pregnancy Association. Tentu saja, Anda harus meningkatkan asupan kalori Anda dengan makanan kaya nutrisi, dan menghindari makanan berkalori tinggi seperti kue, soda dan makanan cepat saji karena makanan tersebut tidak mensuplai nutrisi penting bagi bayi Anda.

Lemak sehat

Banyak orang takut akan makanan yang mengandung lemak, tapi Anda benar-benar membutuhkan lemak sehat dalam menu makanan Anda untuk meningkatkan penyerapan nutrisi yang lebih tepat. Hal ini sangat penting selama masa kehamilan ketika bayi yang belum lahir dimana Anda membutuhkan asupan lemak dan juga mendapatkan vitamin serta mineral yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan berkembang secara normal. Ini tidak berarti Anda memiliki kebebasan untuk makan apapun yang Anda mau, tapi menambahkan makanan dengan lemak tak jenuh bisa membantu bayi Anda tumbuh dan juga akan memastikan bahwa plasenta Anda sehat (American College of Obstetricians and Gynecologists).

Alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun dan ikan berlemak seperti salmon, adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan asupan lemak sehat pada tubuh Anda. Makan ini dapat berperan sebagai makanan penambah berat badan janin dalam kandungan.

Daging

Bagi ibu hamil, Recommended Dietary Allowance (RDA) untuk protein adalah 1,1 g per kg berat badan per hari. Daging adalah sumber protein yang tinggi dan merupakan makanan yang ampuh untuk menambah berat badan serta dalam pengembangan otot dan jaringan tubuh secara langsung untuk janin – dan juga mengandung komponen zat besi dan vitamin B serta komponen penting untuk jaringan bayi dan perkembangan otak.

Contoh makanan ini adalah :

  • Ikan
  • Makanan dari laut
  • Ayam
  • Kacang-kacangan
  • Kacang kedelai

Yoghurt

Tahukah Anda jika Yoghurt memiliki kandungan kalsium lebih banyak dibanding susu. Bukan hanya itu, yoghurt atau curd juga kaya akan vitamin B kompleks, seng, dan probiotik yang baik untuk tubuh serta membuatnya menjadi sumber kalsium yang lebih baik dan lebih mudah dicerna untuk perkembangan tulang yang sehat pada janin.

Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 3 porsi yoghurt setiap hari untuk mencegah risiko berat badan bayi kurang saat dilahirkan dan yogurt sebenarnya juga membantu mengembangkan sistem kekebalan tubuh pada buah hati Anda jika dikonsumsi setiap hari.

Sayuran berdaun hijau tua

Makanan penambah berat badan janin

Bayam, brokoli, dan sayuran hijau berdaun lainnya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan memiliki nutrisi seperti vitamin A dan C, folat, dan mineral seperti besi dan magnesium. Sementara vitamin A memainkan peran utama dalam pengembangan penglihatan bayi dan juga pertumbuhan tulang dan kulit. Selain itu, sayuran berdaun hijau dapat meningkatkan berat badan janin. Folat membantu pertumbuhan bayi dan membantu mencegah cacat lahir terutama pada tulang belakang dan otak. Jadi Anda harus memperbanyak konsumsi syauran sebagai makanan penambah berat badan janin yang ampuh.

Konsultasi ke dokter secara teratur

Dapatkan perawatan prenatal yang memadai selain mengkonsumsi makan makanan sehat. Jika Anda selalu rutin ke dokter kandungan, maka dokter akan dapat memantau perkembangan kehamilan dan memberikan rekomendasi terbaik untuk membantu bayi Anda tumbuh sehat. Selain makan makanan sehat, faktor gaya hidup tertentu juga bisa menghambat pertumbuhan bayi. Tinggalkan kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol atau memakai obat saat Anda sedang hamil, karena hal tersebut berhubungan dengan berat badan bayi yang baru lahir.

Baca juga :

 

Selain itu, jika Anda dan pasangan Anda adalah memiliki fisik atau tubuh yang tidak terlalu besar, bayi Anda kemungkinan bisa kecil juga, dan ini belum tentu menjadi masalah, asalkan Anda mengikuti rekomendasi dari dokter dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Demikian tips dan cara menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Semoga bermanfat bagi Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =