8 Tips Alami Menggemukan & Manambah Berat Badan

Posted on

Beratbadan.my.idCara menggemukan badan secara alami serta membuat berat badan ideal bagi sebagian orang bisa dikatakan merupakan hal yang mudah. Namun tidak sedikit pula orang yang menginginkan berat badan ideal tetapi sulit untuk menambah berat badannya meskipun berbagai tips menambah berat badan sudah di lakukan. Bahkan tak segan – segan mereka sampai membeli obat gemuk badan yang dijual di toko obat ataupun apotik.

Cara menggemukan badan

Selain mengkonsumsi obat penggemuk badan, tips menambah berat badan lainnya adalah dengan mengkonsmsi susu penambah berat badan.

8 tips & cara menggemukan badan

Banyak kita temui orang yang mengalami kesulitan dalam menaikkan berat badan, meskipun mereka telah mengkonsumsi susu penggemuk badan. Akibatnya meski mereka makan dengan porsi banyak, tetap saja, tubuhnya masih kurus.

Sebenarnya, setiap orang memang memiliki karakter tubuh masing-masing. Ada orang yang bisa makan sedikit saja tapi mudah gemuk, namun banyak juga yang sering mengkonsumsi makanan dalam porsi besar namun badan sulit untuk gemuk dan selalu terlihat kurus.

Cara menggemukan badan secara alami

  1. Tambahkan kalori

Dalam aktivitas sedang, pria membutuhkan kalori rata-rata 2200 kalori, sedangkan pada wanita 1900 kalori per harinya. Tambahkan 1000 kalori setiap hari sehingga berat badan Anda akan bertambah sekitar setengah kilo seminggu.

Menambahkan porsi makan Anda dari biasanya atau bisa juga dengan meningkatkan frekuensi makan dua kali lebih banyak dari frekuensi harian Anda akan membantu menambah berat badan dan menggemukan badan Anda. Untuk menggemukan badan, makan juga camilan seperti kacang sebanyak 2-3 kali disela – sela makan Anda.

Sesuaikan juga dengan aktivitas harian Anda, jika aktivitas Anda lebih berat dari biasanya, tambahkan porsi makan terutama makanan yang lebih banyak mengandung kalori.

  1. Pemilihan makanan

Cara untuk menggemukan badan secara alami lainnya adalah pemilihan makanan. Pilih jus buah dan susu (2 cangkir perhari) daripada Anda mengkonsumsi soda, teh, maupun kopi.

Pilih menu sayuran seperti kentang, jagung, lobak, wortel, kacang polong, dan sayuran jenis lainnya untuk asupan nutrisi sehingga membantu untuk menambah berat badan.

Pilih buah-buahan yang membantuk untuk menaikkan berat badan seperti pir, apel, nanas, dan pisang.

Konsumsilah sup yang mengandung krim.

Gunakan minyak sehat seperti minyak kelapa, mentega, minyak canola, dan minyak zaitun dalam masakan Anda. Cara ini lebih sehat dan aman saat program menggemukan badan.

Tambahkan topping pada donat, es krim, roti serta makanan lainnya. Anda bisa menggunakan krim keju, mayones, serta mentega karena bahan ini tergolong tinggi kalori.

  1. Hindari makanan yang tinggi kalori

Tips menambah berat badan lainnya adalah hindari makanan dengan makanan berkalori tinggi yang tidak sehat yang mengandung lemak trans seperti daging olahan, makanan cepat saji, dll. Meskipun makanan tersebut bisa menambah berat badan, namun jika didalamnya terkandung lemak jahat maka hal tersebut harus dihindari.

Makanan untuk menggemukan badan

  1. Olahraga

Hal yang tak kalah penting dalam cara menggemukan badan adalah olahraga. Berolahraga secara teratur dapat melancarkan metabolisme tubuh serta merangsang nafsu makan Anda.

  1. Makan makanan tinggi protein

Tips menambah berat badan lainnya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan berprotein tinggi. Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dan rendah lemak. Anda bisa mendapatkannya pada jenis buah, sayuran, dada ayam, tuna dan makanan laut lainnya. Protein berperan penting dalam memperbaiki dan membangun jaringan otot pada tubuh.

  1. Penuhi kebutuhan air putih

Minum banyak air putih, minumlah air putih lebih dari 8 gelas per hari karena air sangat penting sebagai energi untuk diubah menjadi pertambahan berat badan.

  1. Tidur yang cukup

Tidurlah dalam waktu yang cukup, kurang lebih 7-8 jam sehari dan hindari begadang. Tidur yang cukup akan membuat segala aktifitas menjadi lebih bergairah. Kita akan memiliki tenaga yang cukup untuk menjalankan aktifitas sehari – hari. Jika kita kurang tidur maka akan membuat badan kita kurang bergairah, mengantuk bahkan akan menurunkan nafsu makan di siang hari. Oleh karena itu sangat disarankan agar kita selalu istirahat dengan tidur yang cukup. Dengan tubuh lebih fit, maka aktifitas akan lebih bergairah serta nafsu makan juga akan meningkat. Dengan adanya nafsu makan maka akan sangat mendukung Anda dalam program menggemukan badan.

  1. Konsumsi suplemen

Untuk menggemukan badan bila perlu bisa mengkonsumsi suplemen spesifik yang bisa menambah berat.

Selanjutnya, jika Anda sudah melakukan berbagai usaha, namun berat badan ideal tidak tercapai juga, ada baiknya Anda mencoba berkonsultasi dengan dokter kesehatan. Hal ini juga bisa menunjukkan bahwa tubuh Anda kurang sehat.

Dengan berkonsultasi dengan dokter, kita bisa tahu jika tubuh kita mengalami masalah. Beberapa penyakit yang terdeteksi bisa saja menyebabkan tubuh menjadi kurus dan sulit untuk menambah berat badan.

Demi kesehatan Anda, jagalah pola hidup sehat dengan 8 tips cara menggemukan badan secara alami diatas. Hindari makanan yang mengandung bahan-bahan pengawet, mulailah mengkonsumsi makanan dari bahan-bahan alami. Selamat mencoba cara menggemukan badan secara alami ini. Semoga bermanfaat!

Terima kasih telah berkunjung di Beratbadan.my.id.