Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak Usia 1 Dan 3 Tahun

Posted on

Cara menghitung berat badan ideal anak 1 tahun – Memiliki buah hati dengan berat badan ideal ternyata sangat menguntungkan. Kenapa? Berat badan ideal anak ternyata juga memiliki kecenderungan bahwa anak tersebut mempunyai badan yang lebih sehat. Selain itu, anak dengan berat badan ideal lebih cepat dalam belajar serta lebih sedikit mengalami gangguan kesehatan di masa yang akan datang.

Nah, kali ini kita akan mengetahui bagaimana cara menghitung berat badan ideal anak 1 tahun. Disamping itu kita juga bisa mengetahui berat badan ideal anak 3 tahun dimana buah hati Anda sedang mengalami perkembangan yang terbilang pesat serta membutuhkan pengawasan terutama asupan gizi makanan sehari – hari.

cara menghitung berat badan ideal anak 1 tahun

Para pakar kesehatan anak telah mengembangkan cara yang mudah untuk bisa mengetahui berat badan ideal anak usia 1 tahun maupun usia 3 tahun dengan menggunakan kaidah atau patokan dari WHO.

Berdasarkan data kurva pertumbuhan anak menurut WHO, berat badan ideal anak 3 tahun yaitu 12, 1 – 15, 9 kg (perempuan) dan 12, 7 – 16,3 untuk anak laki – laki.

Untuk pertumbuhan anak rata – rata berat badan anak akan bertambah antara 1,8 sampai 2 kg dari tahun kedua. Jika berat badan anak pertambahannya kurang dari 1 kg, maka sebagai orang tua sebaiknya berhati – hati karena kondisi ini bisa disebabkan adanya gangguan pertumbuhan pada anak Anda terutama faktor kesehatan.

Lalu bagaimana cara menghitung berat badan ideal anak 1 tahun?

Kita tinggal menggunakan rumus 2n + 8. Sehingga berat badan ideal anak usia 1 tahun adalah :

 

2×1 + 8 = 10 kg

Biasanya, di usia balita para ibu mendapatkan Kartu Menuju Sehat dimana kartu ini terdapat kurva yang menunjukkan pertumbuhan berat badan ideal bagi si buah hati.

Beberapa gejala kurangnya bobot tubuh si anak adalah kekurangan zat besi. Untuk mengetahui ini, biasanya dilakukan dengan pemeriksaan darah. Beberapa gangguan kesehatan pada anak juga bisa menyebabkan anak sulit untuk makan, diantaranya adalah demam atau panas. Kondisi ini bisa menyebabkan berat badan anak menjadi kurang.

Pertumbuhan anak juga dipengaruhi oleh asupan gizi, jumlah waktu tidur, aktifitas badan atau fisik serta stimulasi dari lingkungan sekitar. Namun perlu kita catat jika kecepatan pertumbuhan anak baik usia 1 tahun maupun 3 tahun untuk masing – masing anak berbeda – beda.

Jadi jika berat badan anak Anda tidak pada angka atau rentang angka ideal, belum tentu kekurangan gizi.

Hal ini dikarenakan berat badan ideal anak juga harus memperhatikan pertimbangan lainnya yakni tinggi badan, lingkar kepala sehingga bisa didapatkan status gizi pada anak tersebut lebih akurat.

berat badan ideal anak 3 tahun

Namun jika berat badan anak terlihat kurang atau rendah maka perlu diketahui kondisi kesehatan anak serta faktor lain seperti faktor genetik.

Oleh karena itu ada catatan khusus pertumbuhan dan perkembangan anak berkaitan dengan berat badan anak untuk mengetahui pertumbuhan anak termasuk wajar ataukah ada masalah terutama masalah kesehatan.

 

Jika Anda ingin mengetahui berat badan ideal anak usia 2 – 5 tahun secara lengkap dengan tabel, maka silahkan baca : Berat Badan Ideal Anak Usia 2 – 5 Tahun.

 

Dengan mengetahui cara menghitung berat badan ideal anak usia 1 tahun serta mengetahui berat badan ideal anak 3 tahun (bagi Anda yang memilikinya)  maka kita bisa memantau terus pertumbuhan buah hati kita agar kedepannya menjadi anak yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + one =