Cara Menghitung Berat Badan Ideal Sesuai Tinggi Badan

Posted on

Memiliki berat badan ideal sesuai tinggi badan memang suatu kebanggaan tersendiri. Karena itu kebanyakan pria dan wanita berusaha keras untuk mewujudkannya. Diet dilakukan sebagai alternatif untuk mendapatkan berat badan ideal sesuai keinginan sementara olahraga sebagai ladang untuk mendapatkan tinggi badan sesuai harapan.

berat badan ideal sesuai tinggi badan

Jika Anda salah satu orang yang melakukan hal tersebut untuk mewujudkan harapan, cara menghitung berat badan ideal sesuai tinggi badan perlu Anda tahu agar memiliki patokan dalam meraih impian Anda. Menurut badan kesehatan dunia, terdapat perhitungan standar berat badan yang berbanding dengan tinggi badan sehingga seseorang bisa dikatakan telah memiliki berat badan ideal jika perhitungannya sesuai standar. Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah berat badan dan tinggi badan Anda sudah bisa dikatakan ideal? Simak cara menghitungnya berikut ini dan ketahui ideal atau tidaknya berat dan tinggi badan Anda.

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Sesuai Tinggi Badan

menghitung berat badan ideal

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Body Mess Index (BMI) atau biasa juga disebut dengan IMT (Indeks Massa Tubuh). Rumus BMI atau IMT seringkali dijadikan acuan untuk mengetahui berat badan seseorang sesuai tinggi badan atau tidak. Rumus ini memadukan perhitungan antara tinggi dan berat badan seseorang. Hasilnya akan menjadi nilai berat badan ideal orang tersebut. Berikut rumus untuk menghitungnya.

Berat badan ideal = berat badan : (tinggi badan x tinggi badan)

Sebagai contoh misalkan Anda memiliki berat badan 52 kg dengan tinggi badan 1,7 meter. Maka nilai BMI Anda sebagai berikut :

Berat badan ideal = berat badan : (tinggi badan x tinggi badan)

Berat badan Anda = 52 kg : (1,7 x 1,7) = 52 kg : 2,89 = 17,99 adalah nilai BMInya.

Catatan : Berat badan dalam satuan kilogram (Kg)

Lalu ideal atau tidakkah nilai BMI tersebut? Berikut kategori nilai BMI untuk pria dan wanita. Anda bisa cocokkan nilai BMI perhitungan dengan standar nilai BMI berikut ini.

 

Standar BMI untuk wanita

  • BMI < 18 = tergolong under weight/ kurus

Anda yang memiliki nilai BMI under weight sebaiknya mulai berupaya menambah berat badan Anda agar bisa mendapatkan nilai BMI ideal. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein kemudian imbangi dengan olahraga.

  • BMI 18 – 25 = tergolong normal weight

Jika Anda berada pada BMI 18 – 25 itu artinya Anda sudah berada pada kategori berat badan normal dan Anda harus mempertahankannya agar tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk.

  • BMI 25 – 27 = tergolong over weight

Bagi Anda yang termasuk kategori gemuk baiknya Anda hindari makanan berlemak dan mulailah meningkatkan olahraga seminggu minimal 2 kali.

  • BMI > 27 = tergolong obesitas

Sebaiknya Anda segera membuat program untuk menurunkan berat badan karena pada tahap berat badan ini sudah tidak baik untuk kesehatan Anda. Olahraga rutin menjadi hal yang wajib Anda lakukan dengan mengimbanginya bersama diet sehat yang tepat.

 

Standar BMI untuk pria

  • BMI < 17 = under weight/ kurus

Jika Anda termasuk kategori under weight/ kurus sebaiknya Anda tambah konsumsi makanan berkalori dan makanan mengandung protein untuk menaikkan berat badan Anda menuju normal.

  • BMI 17 – 23 = normal weight/ normal

Jika berat badan Anda normal tentu Anda sudah sangat aman. Pertahankan berat badan Anda dengan mengonsumsi makanan yang tetap dan rajin berolahraga.

  • BMI 23 – 27 = over weight/ kegemukan

Anda harus waspada karena jika ada penambahan berat badan lagi maka obesitas akan Anda alami. Baiknya Anda segera menurunkan berat badan sebelum terlambat.

  • BMI > 27 = obesitas

Baca juga :

 

Sebaiknya program menurunkan berat badan perlu Anda lakukan dengan seksama. Jangan sampai Anda lalai karena obesitas tentu tidak baik bagi kesehatan Anda.

Sudahkah Anda memiliki berat badan ideal sesuai tinggi badan? Jika memang masih belum ideal Anda bisa meningkatkan diet dan rajinlah berolahraga. Yoga atau zumba sangat disarankan untuk dilakukan Anda yang mengalami kegemukan, pre obesitas atau obesitas.