Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dan Cepat Tanpa Olahraga?

Posted on

Berat badan ideal – Bagaimana cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga? Pertanyaan ini sering kali muncul bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih, namun tidak memiliki waktu yang banyak untuk berolah raga. Kita dapat melakukan cara cepat menurunkan berat badan secara alami dengan menjaga pola makan yang sehat dan melakukannya dengan konsisten. Cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat dengan mengatur pola makan sehat ini bisa menjadi cara ampuh untuk kembali memiliki berat badan ideal secara sehat karena menjaga pola makan merupakan langkah yang baik untuk mendapatkan tubuh yang sehat dalam jangka panjang.

cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga

Berikut ini beberapa tips cara cepat menurunkan berat badan tanpa perlu olah raga.

Cara menurunkan berat badan dengan cepat tanpa olahraga

1. Catat berat badan termasuk lingkar paha, perut dan pinggang

Sebelum melakukan program menurunkan berat badan, Anda sebaiknya mencatat lingkar perut, paha, lingkar pinggang dan tak lupa timbang berat badan Anda sebelum melakukan program menurunkan berat badan. Ini penting untuk mengetahui seberapa besar usaha yang telah kita lakukan untuk menurunkan berat badan.

Mengatur menu makanan sehari – hari

Mengatur menu makan merupakan langkah ampuh yang bisa Anda lakukan di didalam cara menurunkan berat badan secara alami untuk mendapatkan berat badan ideal.

Kita sebaiknya merencanakan menu makanan sehari – hari yang akan kita konsumsi. Bacalah beberapa metode atau cara diet. Pilihlah menu apa saja yang baik untuk program diet Anda. Setelah Anda membaca – baca tentang menu yang baik untuk menurunkan berat badan, maka catat dan nantinya akan Anda pakai sebagai menu harian dalam diet Anda. Contoh menu diet dalam sehari :

Sarapan pagi :

Roti gandum + susu skim

Cemilan  : Buah pir

Makan siang :

Kentang rebus + sayuran + ikan

Cemilan : buah mangga

Makan malam :

Teh hijau tanpa gula (boleh gula low calorie) + pisang + sayuran + ikan atau dada ayam tanpa kulit

Cemilan : Buah kiwi / buah apel / buah jeruk dll

Sayur dan buah untuk menurunkna berat badan

Hal yang paling penting dalam menentukan menu diet ini adalah menentukan menu utama. Diatas menu utama adalah roti gandum, kentang rebus dan pisang. Sedangkan sayuran, ikan dan lainnya adalah menu pelengkap, namun menu pelengkap ini tetap dibutuhkan karena kita juga membutuhkan asupan nutrisi lainnya, tidak hanya karbohidrat saja, namun protein dan mineral lain juga kita butuhkan.

2. Mengatur pola makan sehari – hari

Mengatur pola makan sehari hari bisa berbeda antara merode diet yang satu dengan lainnya. Hal terpenting adalah sebaiknya tidak makan 4 jam sebelum Anda tidur malam. Kemudian jangan makan makanan kecil yang memiliki rasa manis, asin baik malam maupun siang atau sore hari. Sebaiknya gantilah dengan buah – buahan pada cemilan Anda

Selain itu, pengaturan pola makan yang tak kalah penting adalah konsumsilah air putih setiap kali sebelum Anda makan. Jika Anda menggunakan nasi sebagai menu utama, maka kurangi porsi nasi menjadi setengah atau seperempat porsi. Perbanyak makan sayur dan buah – buahan.

Untuk memenuhi kebutuhan protein, konsumsilah daging sapi tanpa lemak, daging ayam tanpa kulit, telur rebus atau bisa juga ikan laut. Protein sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang tubuh dan memperbaiki bagian bagian dalam tubuh yang rusak. Protein juga sebagai sumber energi utama selain karbohidrat dan lemak.

3. Istirahat yang cukup

Saat menjalankan program cara cepat menurunkan berat badan ini, sebaiknya Anda tidak begadang. Tidur malam atau begadang akan membuat kita sering lapar dan kemudian memiliki keinginan besar untuk ngemil. Kurang tidur akibat begadang juga membuat kondisi tubuh menjadi menurun dan kurang fit sehingga akan mengganggu diet Anda.

4. Evaluasi

Setelah melakukan cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat dalam seminggu, Anda harus menimbang badan Anda kembali untuk mengetahui seberapa besar perubahan yang telah Anda lakukan dalam seminggu. Ini penting untuk mengetahui tingkat keberhasilan rencana Anda dalam menurunkan berat badan.

Jika berat badan Anda turun tidak lebih dari 2 kg dalam 1 minggu, maka rencana diet Anda bisa dibilang kurang berhasil. Evaluasi segera dan gantilah beberapa kesalahan, misalnya pemilihan menu makan atau kesalahan lainnya.

Dengan evaluasi ini, Anda bisa memperbaiki beberapa point yang sekiranya harus diganti dan diperbaiki. Cara cepat menurunkan berat badan secara alami ini jelas membutuhkan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan cara diet yang Anda lakukan.

Baca juga :  Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dalam Waktu 1 Minggu

Itulah cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga, semoga bermanfat bagi Anda semua, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 12 =