Kalkulator Berat Badan Ideal Wanita, Rumus Key Lebih Mudah!

Posted on

Di beberapa artikel sebelumnya, telah kami sajikan secara lengkap bagaimana cara menghitung berat badan ideal wanita menggunakan rumus BMI dan rumus Brocha. Selain itu, kami juga telah memberikan beberapa tabel berat badan ideal untuk memudahkan di dalam mengetahui berapa bobot badan ideal seseorang tanpa menghitungnya dengan rumus.

Kali ini kami akan berikan satu lagi rumus berat badan yang disebut dengan rumus Key. Rumus key dapat dipergunakan untuk menghitung berat badan ideal baik laki – laki atau perempuan dewasa.

Namun jika Anda ingin mengetahui apakah berat badan Anda ideal atau tidak menggunakan kalkulator BMI maka silahkan isi tinggi dan berat badan Anda dibawah ini.

kalkulator berat badan ideal wanita

Kalkulator Berat Badan Ideal Wanita & Pria

 

Powered by YAZIO

Seperti kalkulator berat badan sebelumnya (Brocha & BMI), menggunakan rumus Key juga sangat mudah untuk kita gunakan dalam menghitung berat badan seseorang, baik laki – laki maupun perempuan.

Anda hanya tinggal mengkuadratkan tinggi badan dalam satuan meter kemudian mengalikan dengan faktor pengali yang telah ditetapkan.

Faktor pengali untuk pria adalah 22,4

Faktor pengali untuk wanita adalah 20,9

Rumus Key :

Bobot badan ideal = Tinggi badan(meter)2 x faktor pengali

Contoh : Seorang wanita memiliki tinggi 160 cm, maka akan memiliki berat badan ideal sebagai berikut :

Bobot badan ideal = 1,6 x I,6 x 20,9 = 53,5 kg

Jadi berat badan ideal wanita tinggi 160 cm adalah 53,5 kg.

Nah, mudah bukan menggunakan rumus key?

Berat badan dan tinggi badan ideal masa remaja?

Menggunakan kalkulator berat badan ideal wanita dengan rumus Key memang sangat mudah. Namun terkadang menghitung berat badan ideal terasa tidak sesuai, seperti menghitung berat badan perempuan di usia remaja. Jika kita menghitung berat badan perempuan dimasa remaja akan terlihat berbeda, dimana berat badannya biasanya di bawah angka berat badan ideal.

Berat badan remaja di angka yang kurang ideal merupakan hal biasa karena umur mereka masih muda dan masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan tubuh sehingga terjadi perubahan tinggi badan yang relatif cepat. Jadi hal ini tidak perlu Anda risaukan.

Mengukur berat badan ideal pada atlet juga akan menghasilkan berat badan ideal yang tidak sesuai, terutama mengacu pada IMT.

Hal ini wajar karena para atlet memiliki bentuk otot yang lebih besar dikarenakan konsumsi makanan serta latihan dalam pembentukan otot sehingga badan mereka terlihat gemuk. Namun hal ini sebenarnya otot yang besarlah yang membuat seolah – olah badan atlet itu gemuk. Jadi rumus tersebut tidak berlaku untuk para atlet.

Dimasa remaja, hal yang perlu dilakukan adalah mengkonsumsi makanan untuk penambahan tinggi badan sehingga tinggi badan bisa mencapai batas maksimal. Jika pemberian makanan dalam jumlah berlebihan di saat remaja, maka penambahan makanan tersebut akan dimanfaatkan oleh tubuh untuk pertumbuhan tinggi badan serta lebar badan.

Dimasa tersebut, usia remaja sebaiknya digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas olah raga. Tujuannya adalah pelebaran tubuh kesamping dapat diminimalkan dan dapat mengoptimalkan tinggi badan, terutama untuk wanita yang menginginkan tinggi badan yang ideal.

Baca jugaCara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita WRP

Pada umumnya, anak – anak yang diberi nutrisi yang baik dan banyak melakukan aktifitas gerak akan lebih cepat tinggi daripada anak yang diberi nutrisi banyak namun kurang aktifitas bergerak.

Nah demikian pembahasan mengenai topik kalkulator untuk menghitung berat badan ideal wanita menggunakan rumus IMT atau BMI serta menggunakan rumus Key. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.