Penyebab & Cara Menaikan Berat Badan Bayi 6 Bulan Keatas

Posted on

Berat badan bayi 6 bulan – Anak merupakan investasi panjang orang tuanya. Dimana anak menjadi buah dari keturunan orang tuanya. Mempunyai anak adalah dambaan sepasang suami istri, khususnya seorang ibu. Sehingga banyak cara yang dilakukan oleh seorang ibu hanya demi mendapatkan buah hati dari rahimnya.

Berat badan bayi 6 bulan

Seorang anak dikandung oleh ibunya selama 9 bulan, tentu bukan waktu yang cepat bukan? Setelah itu, barulah anak lahir ke dunia dengan penuh kebahagiaan.

Dari rahim seorang ibu lahirlah seorang bayi yang mungil dan kecil. Ketika bayi lahir tentu bayi yang normal biasanya mempunyai berat antara 1,5 hingga 2,5 kg. Dan setiap bulan bayi akan mengalami berbagai pertumbuhan. Berat badan bayi 6 bulan ini sesuai dengan bagaimana asupan makanan yang diberikan.

Karena pada hari pertama berat badan bayi memang menurun karena hal ini adalah kondisi normal. Setelah dua minggu, berat badan bayi akan kembali naik seperti pada saat baru dilahirkan bahkan bisa lebih dari berat tersebut. Mengapa demikian? hal ini disebabkan karena asupan ASI dan nutrisi bagi si bayi yang dapat menunjukan bahwa bayi tersebut sehat.

Berat badan ideal bayi 6 bulan adalah bertambah sekitar 85 hingga 150 gram dri berat badan bayi usia 5 bulan. Berat badan bayi akan naik sesuai dengan asupan nutrisi dan gizi yang diberikan dalam ASI.

Untuk mengetahui berat badan bayi anda tersebut maka periksakan bayi anda pada dokter. Apabila ternyata berat badan bayi anda menurun, maka anda harus berkonsultasi dengan dokter apakah penyebabnya dan bagaimana solusi yang harus dilakukan.

Berat badan bayi usia 6 bulan yang ideal adalah dengan berat badan sekitar 5,8 hingga 6,5 kg atau naik sekitar 85 hingga 150 gram dari berat badan usia 5 bulan, serta tinggi badan bayi akan bertambah 1 cm. Karena apabila bayi anda tumbuh dengan baik biasanya ditandai dengan berat badan yang ideal dan normal inilah Berat badan normal bayi 6 tahun.

Pada saat bayi baru lahir, maka berat badan bayi sekitar 1,5 hingga 2 kg. Pada saat hari pertama, berat badan bayi akan menurun karena masih tahap permulaan dalam mengkonsumsi ASI. Namun, bayi yang sehat berat badanya akan naik terus secara konsisten hingga usianya mencapai 1 atau 2 tahun. Biasanya dalam masyarakat ini sering muncul masalah berat badan bayi 6 tahun tidak naik.

Penyebab berat badan bayi 6 bulan turun dan tidak ideal

Masalah yang sering terjadi adalah berat badan bayi dan selalu menurun. Mengapa demikian? Inilah penyebabnya :

  • Nutrisi yang diberikan kurang seimbang

Asupan nutrisi untuk bayi tergantung oleh sang ibu, nutrisi tersebut berasal dari makanan yang dimakan oleh ibu. Untuk itu sangat disarankan sang ibu untuk selalu menjaga pola makanya.

Baca Juga:

  • Bayi mengalami masa pertumbuhan anggota tubuh lainya

Inilah penyebab yang paling umum namun dikhawatirkan oleh ibu. Pada saat pertumbuhan anggota tubuh, seperti bertambah tinggi biasanya bayi akan mengalami penurunan berat badan terlebih dahulu. Namun, setelah itu bayi akan sehat dan naik kembali berat badanya.

  • Bayi mengalami gangguan kesehatan

Kesehatan sang bayi adalah masalah yang sangat penting. Pada saat usia bayi, bayi akan rentan terserang gangguan seperti penyakit, dan lainya. Sehingga kesehatan bayi harus tetap diperhatikan salah satunya dengan menjaga pola makan ibu, mengkonsultasikan secara rutin bayi anda kepada dokter.

  • Kurangnya pemberian MPASI

Pada umumnya MPASI ini diberikan pada bayi yang sudah berusia 5 bulan keatas. Namun, apabila bayi anda ternyata terserang penyakit atau gangguan lainya. Maka sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter bagaimana solusi yang terbaiknya. Karena apabila ingin memberikan MPASI maka harus sesuai dengan resep dokter and. Karena MPASI ini juga sangat diperlukan untuk bayi.

  • Pola makan sang ibu yang tidak dijaga

Makanan bayi adalah berasal dari makanan sang ibu. Oleh karena itu, pola makan sang ibu harus dijaga dengan baik sehingga bayi menjadi sehat.

  • Konsumsi MPASI yang tepat

MPASI sangat dibutuhkan oleh sang bayi. Apabila anda tidak rutin memberikan MPASI tersebut maka kesehatan bayi akan mudah terganggu dan terserang penyakit dari luar. Khususnya untuk menaikan berat badan sang bayi, maka MPASI ini sangat cocok.

MPASI adalah berasal dari komposisi karbohidrat dengan sayuran dan lauk dengan asupan bergizi lainnya dengan perbandingan yang seimbang.

Tips Menaikan Berat Badan Bayi 6 Bulan keatas

Cara menaikan berat badan bayi 6 bulan adalah dengan cara berikut:

Segera konsultasikan kepada dokter untuk memberikan saran pemberian MPASI. Pada usia 6 bulan bayi siap menerima MPASI, sehingga Anda harus segera memberikan MPASI tersebut. Namun, pemberian ASI juga tetap dijaga dan diperhatikan, ASI berasal dari pola makanan sang ibu. Apabila makanan sang ibu tidak dijaga maka pertumbuhan bayi menjadi terhambat.

Anda dapat memulai dengan pemberian nasi tim, bubur atau bubur saring dan jika sudah terbiasa, usia 1 tahun keatas bisa Anda berikan nasi biasa.

Berikan asupan makanan yang bergizi sesuai dengan MPASI seperti wortel, bayam, tahu, tempe, telur dan daging. Bisa juga Anda tambahkan minyak sayur ataupun keju agar bayi mendapatkan kalori dengan variasi rasa.

Untuk menaikan berat badan bayi 6 bulan keatas, MPASI diberikan 2 – 3 kali dalam sehari dimana porsi menyesuaikan. Jika bayi Anda baru pertama – tama diberikan MPSI maka cukup 1 kali dulu diberikan menu MPASI tersebut.

  1. Pemberian asupan margarin dan mentega

Kandungan vitamin A, B1, D dan protein dapat membantu mempercepat pertumbuhan bayi. Tetapi jangan dipanaskan bahan makanan tersebut. Anda bisa menambahkan 1 sendok mentega pada makanan bayi yang telah dimasak.

  1. Variasi minuman

Untuk bayi diatas 1 tahun, sebaiknya berikan minuman yang lebih bervariasi. Misal jus buah, beberapa sendok teh manis (namun jangan terlalu manis). Hal ini dikarenakan intensitas menyusu yang mulai menurun untuk bayi 1 tahun keatas.

  1. Berikan cemilan sehat

Pemberian cemilan sehat untuk bayi sebagai selingan makanan MPASI. Anda dapat memberikan buah dengan kandungan kalori yang cukup, seperti buah pisang, alpukat serta kelapa muda.

Loading...

Usia bayi 6 bulan keatas dimana bayi akan mengurangi asupan ASI maka dibutuhkan asupan makanan yang bergizi lainnya yakni melalui MPASI dengan memberikan cemilan sehat pada bayi.

Untuk bayi 6 bulan, berikan ASI yang berkualitas. ASI yang berkualitas disini didapatkan dengan ibu yang selalu mengkonsumsi makanan bergizi. Tidak hanya itu, bunda juga harus menghindari beberapa hal yang dapat mempengaruhi air ASI ibu. Seperti menghindari stress.

Baca dulu:

Demikian seputar tips cara menaikan berat badan bayi 6 bulan keatas. Semoga bermanfaat bagi bunda semua ya. Jangan lupa bantu kami untuk like dan share artikel kami ya jika dirasa bermanfaat.

Info Berat Badan Lainnya :

Ketekunan tidak akan membohongi hasil. Memiliki hobi menulis dan masih belajar menulis untuk beberapa blog disamping kesibukan offline. Bidang berkaitan dengan kesehatan, sedikit dikuasai karena basic pendidikan formal yakni Biologi dimana di dalamnya termasuk Gizi dan Pangan.

0 Shares