Apa Penyebab Berat Badan Bayi 7 Bulan Kurang & Susah Naik?

Posted on

Ingin mengetahui berat badan bayi 7 bulan yang normal? Mari ketahui informasinya agar dapat membuat  tumbuh kembang anak menjadi lebih berkembang baik.

Berat Badan Bayi 7 Bulan

Berat badan bayi memang mudah bertambah dengan cepat, namun apabila si kecil sedang sakit juga berpengaruh dalam menurunkan berat badan. Ketahuilah berat badan bayi 7 bulan yang normal agar dapat membuat tumbuh kembang si kecil menjadi lebih baik. Tentunya, berat badan bayi juga dipengaruhi oleh pola makan yang bergizi agar kesehatannya tetap terjaga.

Penting mengetahui informasi penyebab berat badan bayi 7 bulan susah naik agar Anda bisa melakukan banyak pencegahan sehingga pertumbuhan anak menjadi lebih baik. Akan tetapi, setiap jenis kelamin bayi dari lelaki ataupun perempuan memiliki standar yang berbeda-beda. Bayi perempuan normalnya memiliki berat badan 6 kg-9,5 kg sedangkan untuk bayi laki-laki memiliki berat badan normal 7 kg-10 kg.

Penyebab Berat Badan Bayi 7 Bulan Susah Naik

Bagi Anda yang memiliki buah hati masih berusia 7 bulan dengan berat badan yang tidak berubah bahkan susah naik maka sebaiknya ketahui informasi penyebabnya agar dapat melakukan pencegahan agar si kecil dapat tumbuh lebih baik.

  1. Kurang Gizi

Ternyata berat badan bayi 7 bulan perempuan memang masih dapat dikatakan normal. Apabila si bayi memiliki berat badan di bawah 7 kg maka akan membuat berat badan bayi dikatakan tidak normal. Nah, hal tersebut memang disebabkan karena faktor kurang gizi. Hal tersebut dipengaruhi dari ASI yang diberikan kepada si buah hati.

Nah, apabila Anda sudah memberikan asupan ASI yang tepat untuk bayi tetapi berat badan bayi 7 bulan susah naik maka sebaiknya rubahlah pola makan Anda dengan mengkonsumsi makanan-makanan bergizi.

  1. Infeksi

Salah satu penyebab berat badan bayi 7 bulan turun dari jumlah normal adalah adanya faktor infeksi ataupun virus yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Ada banyak penyebab infeksi yang mempengaruhi kesehatan si kecil bahkan juga membuat berat badan susah naik. Hal yang perlu dilakukan oleh seorang ibu adalah lebih mengawasi setiap mainan yang digunakan oleh si kecil agar tidak terkena infeksi ataupun virus.

Baca Juga:

  1. Susah Makan

Tidak semua bayi memiliki nafsu makan yang tinggi, hal tersebut juga yang menyebabkan terkadang berat badan bayi susah naik. Nah, apabila memiliki bayi yang baru berusia 6 bulanan maka sebaiknya kenalkan berbagai makanan bergisi seperti sayuran. Jangan biasakan memberikan makanan yang siap saji, hal tersebut dapat membuat bayi usia 7 bulan menjadi susah makan.

  1. Asupan ASI Tidak Cukup

Salah satu faktor yang menyebabkan tumbuh kembang bayi 7 bulan susah naik adalah kurangnya asupan ASI. Seorang ibu memang harus memberikan asupan ASI sesuai dengan kebutuhan bayi agar kebutuhan gizinya dapat terpenuhi. Nah, apabila Anda tidak memiliki ASI yang cukup maka bisa memenuhi kebutuhan gizinya dengan susu formula.

Loading...

Namun, sebenarnya ASI yang paling tepat untuk si bayi yang masik berusia 7 bulan memang ASI dari seorang ibu karena sangat berpengaruh pada berat badan si bayi.

  1. Gangguan Kesehatan

Selanjutnya, penyebab bayi yang memiliki berat badan susah naik adalah memiliki gangguan kesehatan yang membuat kesehatan si bayi menjadi tidak stabil. Apabila Anda memiliki permasalahan gangguan kesehatan pada si anak maka segera konsultasikan dengan dokter agar bayi Anda menjadi cepat bertambah berat badannya.

Baca Juga:

Dengan mengetahui informasi mengenai penyebab berat badan bayi 7 bulan susah naik, dapat dijadikan sebagai acuan untuk mencegah berat badan si kecil di bawah normal karena hal tersebut sangat berpengaruh tumbuh kembang anak.

Info Berat Badan Lainnya :

Ketekunan tidak akan membohongi hasil. Memiliki hobi menulis dan masih belajar menulis untuk beberapa blog disamping kesibukan offline. Bidang berkaitan dengan kesehatan, sedikit dikuasai karena basic pendidikan formal yakni Biologi dimana di dalamnya termasuk Gizi dan Pangan.

0 Shares