5 Cara Menambah Berat Badan Bayi 8 Bulan Yang Kurang Dengan Cepat Agar Kembali Normal

Posted on

Ketahui bagaimana cara menambah berat badan bayi 8 bulan agar tumbuh kembangnya lebih baik sehingga dapat membuat perkembangan anak lebih cepat sesuai usianya. Kita ketahui, berat badan bayi 8 bulan kurang atau turun dan tidak normal menjadi kekhawatiran para ibu. Perlu tindakan tepat agar tidak berdampak tidak baik bagi si buah hati. Hal pertama tentunya adalah berkonsultasi dengan pihak medis, atau saat bunda ke Posyandu.

Berat Badan Bayi 8 Bulan

Ada beberapa faktor yang menyebabkan berat badan bayi menjadi tidak normal atau bahkan susah naik. Oleh karena itu, para ibu terkadang bingung mencari solusinya agar si kecil tetap dapat memiliki berat badan yang normal agar tumbuh kembangnya tetap lebih baik. Nah, bagi Anda para ibu yang memiliki si kecil maka ketahui tips menaikkan berat badan bayi 8 bulan yang sangat mudah.

Menurut WHO, berat bayi laki – laki usia 8 bulan antara 6,9 – 10,7 kg. Untuk berat badan idealnya yakni 8,9 kg. Sedangkan untuk berat badan perempuan usia 8 bulan yakni 6,3 – 10 kg dengan berat badan ideal yakni 8 kg.

Penyebab berat badan bayi 8 bulan turun

Pertumbuhan bayi di usia 1 – 6 bulan terbilang cepat. Meski begitu, jika buah hati Anda sebelumnya memiliki berat badan normal, bisa saja pertumbuhannya nantinya berjalan lambat bahkan berat badan nantinya kurang. Beberapa penyebab berat badan bayi 8 bulan kurang atau turun, seperti:

  • Nafsu makan yang menurun
  • Penyakit celiac (intoleransi laktosa)
  • Penyakit asam lambung
  • Diare

Berat badan bayi 8 bulan kurang bisa juga disebabkan oleh gangguan penyakit serius tertentu:

  • Anemia
  • Sindrom down
  • Infeksi
  • Cerebral palsy
  • Kelainan metabolik atau endokrin
  • Penyakit jantung

Penyakit tersebut membuat bayi tidak dapat mencapai berat ideal karena kesulitan dalam mengkonsumsi ASI maupun MPASI. Perlu untuk segera mengkonsultasikan ke dokter anak agar diketahui penyebab penurunan berat secara signifikan tersebut.

Bayi yang memiliki berat badan di bawah normal memang terkadang membuat seorang ibu menjadi khawatir dengan tumbuh kembangnya. Tentunya banyak seoran ibu yang bertanya-tanya mengapa berat badan bayi 8 bulan kurang atau di bawah normal? untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, ketahui informasinya di bawah ini.

Cara Menambah Berat Badan Bayi 8 Bulan Yang Kurang

Apabila Anda memiliki permasalahan mengenai berat badan bayi usia 8 bulan maka sebaiknya ketahui beberapa tipsnya agar dapat mengatasi permasalahan berat badan bayi di bawah normal, mari simak penjelasannya dalam ulasan di bawah ini.

Baca Dulu:

  1. Konsumsi Sayuran

Salah satu cara menambah berat badan bayi 8 bulan dengan cepat yaitu dengan membiasakan pola makan pada bayi dengan kandungan gizi yang banyak. Dengan memberikan makanan sayuran sejak dini maka akan membuat bayi sudah terbiasa mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi.

Ketahuilah bahwa sayuran memang memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak sehingga dapat membuat berat badan bayi menjadi mudah bertambah dengan cepat. Anda janganlah memberikan makanan yang cepat saji karena akan membuat pola makan bayi tergantung pada makanan tersebut.

  1. Buah-Buahan

Selanjutnya, tips menaikkan berat badan bayi 8 bulan adalah memberikan buah-buahan kepada si bayi. Ketahuilah, bahwa ada banyak vitamin, mineral, dan serat dalam buah-buahan yang dibutuhkan oleh si bayi. Apabila Anda sudah memberikan berbagai vitamin sebagai penunjang gizi maka akan membuat berat badan bayi yang berusia 8 bulan.

Anda bisa memberikan buah-buahan sebagai makanan penunjang, tentunya dalam memberikan buah-buahan maka harus diolah ataupun dilumatkan agar memudahkan bayi dalam mengkonsumsinya.

  1. Tambah Protein

Selain menambahkan berbagai kandungan vitamin dalam tubuh, Anda juga harus menambahkan protein agar kebutuhan si bayi menjadi lebiih terpenuhi. Dengan demikian maka berat badan bayi 8 bulan tidak naik. Protein hewani ataupun nabati tentunya memang akan membuat bayi menjadi lebih mudah beraktivitas dengan kandungan protein yang menunjang kesehatan.

Protein yang bisa dikonsumsikan kepada bayi usia 8 bulan adalah protein hewani seperti telur, daging ayam. Selain itu, protein nabati juga dapat diperoleh dari makanan tahu dan tempe.

  1. Omega 3

Omega 3 merupakan salah satu kandungan vitamin yang terdapat pada berbagai jenis ikan laut. Bahkan dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung omega 3 akan membuat perkembangan anak menjadi lebih baik.

Loading...

Apabila Anda memiliki pemasalahan si bayi susah makan sehingga berat badan bayi 8 bulan menurun ataupun susah makan maka sebaiknya berikanlah berbagai jenis makanan yang mengandung banyak omega 3.

  1. Vitamin C

Terkadang berat badan bayi juga disangkutpautkan dengan tinggi badan bayi 8 bulan sehingga dapat dikatakan normal. Bayi yang memiliki tinggi badan cukup panjang, tentunya memiliki berat badan yang normal apabila diimbangi dengan memberikan berbagai makanan yang mengandung vitamin c.

Baca Dulu:

Nah, itulah seputar informasi tips menaikkan berat badan bayi 8 bulan agar si buah hati dapat memiliki perkembangan yang baik dapat beraktivitas sesuai dengan usianya.

Info Berat Badan Lainnya :

Ketekunan tidak akan membohongi hasil. Memiliki hobi menulis dan masih belajar menulis untuk beberapa blog disamping kesibukan offline. Bidang berkaitan dengan kesehatan, sedikit dikuasai karena basic pendidikan formal yakni Biologi dimana di dalamnya termasuk Gizi dan Pangan.

0 Shares