Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal Umur 17 Tahun

Posted on

Berapa sih berat badan ideal umur 17 tahun? Untuk laki – laki umur 17 tahun, tinggi badan ideal nya adalah 175,2 cm dan berat badan idealnya adalah 61 kg. Sedangkan untuk wanita usia 17 tahun tinggi badan idealnya adalah 162,9 cm dengan berat badan ideal 50 kg.

berat badan ideal umur 17 tahun

Nah setelah kalian mengetahui tinggi dan berat badan remaja usia 17 tahun diatas, tentu sekarang kalian sudah mengetahui apakah tinggi dan berat badan kalian sudah ideal apa belum.

Kita ketahui, tinggi badan dan berat badan ideal sangat penting jika kalian ingin mendaftar sebagai Perwira Polisi atau TNI. Tinggi badan menjadi syarat. Begitu juga bentuk badan, tidak dianjurkan untuk kalian yang memiliki berat badan berlebih saat mendaftar sebagai TNI atau Polisi.

Oleh karena itu, jika kalian ingin diterima masuk TNI atau Polri, tentu tinggi badan dan bentuk tubuh harus dijaga. Karena ini merupakan salah satu syarat.

Dibawah ini kami berikan beberapa tips untk memiliki tinggi dan badan ideal agar memudahkan kalian semua untuk diterima menjadi Aparat Negara atau apapun itu profesinya selama melakukan tes persyaratan fisik.

Tips memiliki tinggi dan berat badan ideal remaja 17 tahun

Usia remaja masih mengalami pertumbuhan walaupun tidak secepat anak – anak. Pertumbuhan tulang menjadi sangat penting. Pertumbuhan tulang juga menentukan tinggi badan sehingga banyak para orang tua yang memberikan asupan kalsium pada anak. Harapannya adalah, si anak memiliki tulang yang kuat dan sehat serta pertumbuhannya juga maksimal.

Tinggi badan memang ditentukan oleh keturunan. Orang tua yang memiliki tinggi badan ideal akan melahirkan anak yang memiliki tinggi badan yang ideal. Namun bagi kalian yang memiliki orang tua dengan tinggi badan kurang ideal, jangan kawatir. Kalian bisa melakukan berbagai usaha untuk memiliki badan yang lebih proporsional.

Untuk kalian yang ingin badan ideal, simak tips berikut:

  1. Cukupi kebutuhan gizi

Konsumsi makanan bergizi setiap hari. Tentu kalian tidak asing lagi dengan istilah 4 sehat lima sempurna bukan? Beberapa makanan yang memiliki gizi seimbang ada di 4 sehat 5 sempurna tadi.

Ketahui Juga:

Makanan – makanan ini mengandung karbohidrat, protein, lemak baik, mineral serta susu sebagai tambahan. Susu yang biasa kita konsumsi kebanyakan mengandung kalsium yang cukup banyak. Jikalau kalian mengkonsumsi susu sapi, maka sangat baik karena kandungan protein sangat tinggi. Protein sebagai zat pembangun tubuh serta membantu dalam pertumbuhan jaringan tubuh.

Menambah nutrisi melalui makanan juga akan membuat metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik. Selain itu, sekresi hormon, terutama hormon pertumbuhan juga akan bekerja optimal. Dengan begitu pertumbuhan badan kalian lebih maksimal.

  1. Lakukan olahraga teratur

Olahraga akan membuat tubuh seseorang menjadi lebih kencang dan berisi. Usia 17 tahun tidak perlu untuk melakukan latihan atau gerakan memperbesar otot. Cukup olahraga seperlunya saja, yang penting tubuh tetap sehat dan atletis.

Aktifitas yang padat di usia remaja membuat mereka justru kekurangan kalori. Artinya bahwa, asupan kalori lebih kecil daripada kalori yang dibakar melalui aktifitas mereka. Ini tentu membuat badan kalian bisa tampak kurus. Oleh karena itu, jangan lupakan point pertama, yakni makan makanan bergizi agar tubuh tidak terlalu kurus.

  1. Konsumsi cemilan sehat

Jika kalian terlanjur kurus, maka sebaiknya konsumsi makanan secara lebih besar lagi porsinya. Selain itu, siapkan cemilan sehat karena cemilan tersebut akan membantu menambah kalori.

  1. Istirahat yang cukup

Sebaiknya tinggalkan begadang dan lebih baik kalian istirahat. Memang, usia remaja merupakan masa yang indah. Tak heran mereka banyak aktifitas, pergi bareng sama teman, bahkan kumpul bareng teman sampai larut malam. Ini memang tidak bisa dihindari.

Loading...

Tetapi jika kalian berniat untuk mengikuti tes penerimaan Polisi atau TNI, tentu tidak akan membiarkan waktu kalian terbuang untuk hal – hal yang tidak terlalu bermanfaat. Istirahatlah yang cukup, karena jika kita sering begadang, maka membuat tubuh kita menjadi kurang fit dan kurang bertenaga. Alhasil, aktifitas kalian akan terganggu.

  1. Lakukan olahraga ini!

Beberapa olahraga akan mendukung bentuk tubuh yang lebih proporsional dan atletis. Speperti olahraga skipping atau lompat tali dan berenang. Dengan melakukan secara teratur, maka tubuh akan lebih terlihat proporsional, atletis dan terhindar dari kegemukan.

Baca Juga:

Nah itulah seputar tips memiliki tinggi dan berat badan ideal remaja 17 tahun. Semoga bermanfaat buat kalian ya.

Info Berat Badan Lainnya :

Ketekunan tidak akan membohongi hasil. Memiliki hobi menulis dan masih belajar menulis untuk beberapa blog disamping kesibukan offline. Bidang berkaitan dengan kesehatan, sedikit dikuasai karena basic pendidikan formal yakni Biologi dimana di dalamnya termasuk Gizi dan Pangan.