Cara Menambah Berat Badan 10 Kg Dalam 1 Minggu Sehat & Ampuh

Posted on

Memiliki tubuh ideal bagi wanita menjadi dambaan tersendiri. Bagitu juga bagi pria. Setiap pria akan kurang percaya diri jika memiliki tubuh kurus. Alhasil mereka ingin melakukan berbagai cara menambah berat badan, bahkan menaikkan berat badan 10 kg dalam 1 minggu saja. Apakah ini mungkin?

penyebab badan kurus dan cara menambah berat badan

Cara ampuh menambah berat badan dalam waktu singkat menjadi langkah yang ingin dilakukan setiap orang. Ini dikarenakan kita sering tidak telaten dalam melakukan berbagai terapi, seperti melakukan program penggemukan badan.

Berikut ini kami berikan cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat, bahkan seminggu saja bisa terlihat hasilnya jika dilakukan secara benar dan konsisten.

Cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu

  1. Tingkatkan nafsu makan

Meningkatkan nafsu makan dapat dilakukan dengan cara:

  • Selalu menyiapkan menu favorit
  • Tambahkan bahan makanan  lain agar kita semakin berselera
  • Rutin berolahraga
  • Makan sering dengan porsi kecil
  • Tidak minum selama makan
  • Konsumsi vitamin penambah nafsu makan
  1. Siapkan cemilan

Cemilan yang mengandung kalori dapat membantu kita untuk meningkatkan berat badan. Bagi sebagian orang yang melakukan diet, mereka akan memilih cemilan yang rendah lemak dan kalori. Kebalikan dari mereka yang melakukan diet, kita bisa mengkonsumsi cemilan yang bikin tubuh jadi gemuk.  Apa saja itu?

– Kentang goreng

 

Kentang goreng

Kentang gereng sangat dihindari bagi pelaku diet, tetapi bagi mereka yang kurus, mengkonsumsi kentang goreng akan menambah kalori dan karbohidrat sehingga berat badan diharapkan akan terbantu untuk naik.

– Burger

Burger tergolong makanan junk food dan dapat kita konsumsi untuk menambah berat badan kita. Makanan cepat saji ini akan membuat tubuh gemuk, namun sebaiknya juga jangan berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan jangka panjang Anda.

Nugget ayam

Makanan yang satu ini juga akan membuat tubuh menjadi gemuk jika dikonsumsi secara berkala sebagai cemilan untuk menaikan berat badan.

Minuman bersoda

Minuman besoda mengandung kalori tinggi. Asupan kalori tinggi akan disimpan dalam tubuh jika Anda tidak membakarnya melalui aktifitas Anda dalam sehari – hari.

Sereal manis

Bagi Anda yang memiliki badan yang kurus, mengkonsumsi makanan manis menjadi salah satu solusi. Salah satunya adalah sereal. Ini dikarenakan gula mengandung kalori tertinggi dari sebagian besar bahan makanan yang kita konsumsi.

Gorengan

Cemilan yang satu ini merupakan makanan untuk menambah berat badan secara cepat dan ampuh. Namun jika sering tentu saja tidak baik untuk kesehatan karena kandungan lemak serta kolestrol dari minyak dalam gorengan tersebut. Anda dapat mengkonsumsinya sesuai kebutuhan saja, jangan berlebihan.

Baca dulu:

  1. Konsumsi makanan sehat

cara menaikan berat badan

Mengkonsumsi makanan sehat  seperti 4 sehat 5 sempurna menjadi kebutuhan tubuh untuk mendapatkan nutrisi dan gizi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Makanan sehat tersebut haruslah mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral dan susu sebagai pelengkap.

Bahan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi: gula, tepung sagu, sereal, jagung, mie instan, roti, singkong.

Bahan makanan yang mengandung protein hewani tinggi seperti: Daging sapi, ikan, dada ayam, keju, telur, susu sapi dll.

Untuk protein nabati seperti: Kacang kedelai, kacang polong, almod, biji bunga matahari, gandum, beras, bayam, kacang hijau dll.

  1. Konsumsi susu penambah berat badan

Untuk menambah berat badan, Anda juga bisa minum susu penggemuk badan. Susu seperti Appeton Weight Gain dan susu dengan whey protein lainnya dapat menambah asupan protein untuk menambah massa otot tubuh.

  1. Konsumsi makanan berkalori

Mengkonsumsi makanan berkalori dapat membantu Anda dalam menaikan berat badan secara singkat. Ini karena kebutuhan kalori manusia perhari umumnya adalah 2000 kalori.

Jika Anda tidak membakar kalori tersebut untuk aktifitas, maka kalori akan disimpan sebagai cadangan energy. Jika terus disimpan maka akan menjadi lemak sebagai cadangan energi. Ini akan menambah berat badan dengan cepat.

Lalu apa saja makanan yang banyak mengandung kalori untuk menaikan berat badan?

  • Minyak zaitun
  • Kedelai
  • Kacang
  • Sawit
  • Almond
  • Kanola
  • Wijen
  • Biji apricot
  • Biji anggur
  • Alpukat
  • Bunga matahari
  • Rami
  • Hazel nut

Adapun makanan lain yang mengandung biji – bijian seperti:

  • Mentega kacang
  • Coklat hitam
  • Buah – buahan yang diolah, terdiri dari kurma, kismis, bluberry kering pear kering dll.
  • Beras atau nasi putih
  • Susu dan telur
  • Ikan, meliputi: ikan tuna, salmon, haring, trout dll.
  • Daging
  1. Menambah porsi makan / atau makan sedikit tapi sering

Jika nafsu makan Anda sudah meningkat, maka tambah lagi porsi makan Anda, terutama nasi. Ini agar berat badan Anda cepat naik. Jika nafsu makan Anda masih belum tinggi, Anda bisa makan sedikit tapi tambah intensitasnya.

  1. Makan sebelum tidur

Jika saat melakukan diet kita dilarang untuk makan sebelum tidur, maka jika ingin gemuk, sebaiknya Anda selalu makan sebelum tidur. Ini akan menambah kalori yang tersimpan dalam tubuh.

  1. Hindari stress

Sebaiknya kita melakukan rekreasi bersama keluarga, paling tidak seminggu sekali untuk menghilangkan rasa suntuk, stress saat bekerja di kantor. Dengan begitu maka kita memiliki badan dan pikiran yang fresh. Pikiran yang fresh akan membuat tubuh menerima asupan makanan lebih banyak daripada kondisi stress.

  1. Minum air putih selesai makan

Minumlah air putih setiap selesai makan. Ini akan membuat tubuh kita cepat dalam menyerap sari makanan yang masuk dalam tubuh.

  1. Lakukan olahraga pembentukan badan

olahraga pembentukna badan

Anda tidak harus melakukan olahraga di pusat kebugaran. Anda bisa berolahraga sendiri di rumah. Olahraga pembentukan badan diantaranya: push up, pull up crunch, lunges, squat.

  1. Hindari rokok

Rokok membawa zat – zat yang mengganggu berbagai metabolisme dalam tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya kita hindari rokok. Nafsu makan juga akan menurun jika kita sudah terbiasa merokok, khususnya bagi kebanyakan mereka yang memiliki badan kurus.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat akan memulihkan kondisi kebugaran tubuh. Tubuh yang bugar akan membuat aktifitas Anda berjalan optimal, khususnya saat Anda berolahraga.

Cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu dengan tips dan cara diatas akan berhasil jika Anda konsisten dalam melakukannya.

Bagi Anda wanita, cara menggemukan badan wanita dalam 1 minggu bukan hal yang mustahil jika dari segi makanan dan olahraga Anda terapkan semaksimal mungkin.

Tidak hanya berat badan naik saja, namun Anda akan memiliki tubuh yang proporsional, kencang dan terlihat sehat.

Penyebab badan kurus

Cara Menambah Berat Badan

Jika berat badan Anda belum naik juga, maka perlu Anda memeriksakan ke dokter. Dengan memeriksakan ke dokter, kita akan tahu kondisi tubuh kita. Hal ini karena dikawatirkan tubuh memiliki suatu gangguan penyakit tertentu.

Loading...

Namun begitu, Anda jangan terlalu risau atau kawatir. Karena penyebab badan kurus banyak sekali. Diantaranya adalah:

  • Faktor keturunan
  • Stress
  • Kurangnya asupan nutrisi / gizi
  • Gangguan metabolisme
  • Kebiasaan begadang
  • Kecapean karena aktifitas rutin sehari – hari
  • Adanya penyakit kronis berupa maag
  • Kurangnya asupan kalori yang tidak seimbang
  • Diare

Dengan mengetahui berbagai penyebab badan kurus diatas dan juga mengantisipasi penyebab – penyebab tersebut, maka tubuh kita akan lebih gemuk dari sebelumnya.

Baca dulu:

Melakukan langkah – langkah seperti anjuran diatas akan membantu Anda dalam menambah berat badan 10 kg dalam beberapa hari. Dalam 1 minggu bukan tidak mungkin berat badan akan naik beberapa kilogram.

Info Berat Badan Lainnya :

Ketekunan tidak akan membohongi hasil. Memiliki hobi menulis dan masih belajar menulis untuk beberapa blog disamping kesibukan offline. Bidang berkaitan dengan kesehatan, sedikit dikuasai karena basic pendidikan formal yakni Biologi dimana di dalamnya termasuk Gizi dan Pangan.

0 Shares