Bagaimana Cara Menghitung Massa Otot Ideal Dalam Tubuh?

Diposting pada

Beratbadan.my.id – Otot memegang peranan penting sebagai mesin dalam menghasilkan energi. Semakin bertambah massa otot, energi yang anda habiskan akan semakin bertambah, sehingga akan membantu anda mengurangi kadar lemak tubuh anda dan menurunkan  berat badan dengan cara yang sehat. Lalu bagaimana cara menghitung massa otot?

Cara menghitung massa otot dalam tubuh sangat penting karena banyaknya atau tingginya massa otot yang anda miliki dibandingkan lemak, maka semakin banyak pula kalori yang anda bakar. Setap kilogram otot yang anda bentuk, tubuh akan mampu membakar 50 kalori per hari. Bagi anda yang sedang melakukan pembentukan otot, ada harus selalu memantau asupan kalori secara periodik dan mengetahui cara menghitung massa otot ideal.

Cara Menghitung Massa Otot

Jika anda aktif dalam berbagai aktivitas olahraga, maka akan semakin berkurang jumlah lemak dalam tubuh anda, meskipun berat badan anda tidak kelihatan berkurang, namun massa otot dan kadar lemak akan berubah, yang akan membuat anda lebih sehat dan memiliki resiko yang rendah terhadap penyakit tertentu. Masing-masing orang hendaknya mempunyai tujuan untuk memiliki tubuh seperti apa dan mengikuti program pengaturan pola makan serta finess atau olahraga untuk mencapai tujuannya.untuk itu, anda perlu mengetahui cara menghitung massa otot dan lemak.

Berikut Kadar lemak tubuh yang baik adalah dengan menggunakan kalkulator menghitung kadar lemak tubuh :

  1. Untuk wanita atlet, kadar lemaknya adalah 14-20 %, sedang untuk pria 6-12 %
  2. Untuk wanita bugar ( rajin olahraga ) kadarnya 21-12 %, untuk pria 14-17 %.
  3. Untuk wanita masih dapat diterima jika kadar lemaknya 25-31 %, sdangkan untuk pria 18-21 %.

Jadi, wanita dengan persentase lemak tubuh diatas 32 % dan pria dengan lemak diatas 26 % maka artinya memiliki kadar lemak yang berlebih dan tergolong obesitas, berdasar kalkulator menghitung lemak tubuh.

Sedangkan cara menilai fisik anda berdasarkan rasio perbandingan antara massa otot dan kadar lemak dalam tubuh, atau tabel massa otot dan lemak berikut ini :

  • Skala 1 : Obesitas tersembunyi

Yaitu memiliki penampilan terlihat sehat, tapi massa otot rendah dan kadar lemak tinggi

  • Skala 2 : Obesitas

Dimana massa otot normal namun kadar lemaknya tinggi

  • Skala 3 : gemuk berotot

Yaitu massa otot dan kadar lemaknya sama-sama tinggi

  • Skala 4 : kurang berotot

Massa ototnya rendah kadar lemaknya normal

  • Skala 5 : Standar / normal

Massa otot dan kadar lemaknya sama-sama normal

  • Skala 6 : berotot

Massa ototnya tinggi, kadar lemaknya normal

  • Skala 7 : kurus

Massa otot dan kadar lemaknya sama-sama rendah

  • Skala 8 : kurus berotot

Massa otot normal, dan kadar lemaknya rendah

  • Skala 9 : kurus dan sangat berotot

Cara Menghitung Massa Otot Ideal Dalam Tubuh?

Massa ototnya tinggi dan kadar lemaknya rendah

Selain anda mengetahui kalkulator massa otot, anda juga perlu mengetahu Indeks Massa Tubuh atau IMT  anda ideal atau tidak. Indeka Massa Tubuh atau IMT merupakan cara yang baik untuk mengetahui apakah berat badan anda sehat atau tidak.  Indeks Massa Tubuh adalah metrik standar yang digunakan untuk mengetahui siapa saja yang termasuk golongan yang memiliki berat badan sehat atau tidak sehat dengan cara menghitung IMT atau Body Mass Index ( BMI) akan membandingkan berat badan dengan tinggi badan anda. Cara menghitungnya  yaitu dengan membagi berat badan anda ( dalam kg ) dengan tinggi badan ( meter kuadrat )

Untuk mengetahui cara menghitung IMT, yang perlu anda siapkan untuk menghitng indeks massa tubuh adalah :

  • Timbangan berat badan
  • Alat ukur tinggi badan
  • Alat tulis untuk mencatat
  • Kalkulator

Sedangkan rumusnya :

cara menghitung massa otot ideal

 

 

 

Contohnya saja anda ingin mencari tahu apakah anda memiliki berat badan yang normal atau obesitas. Berat badan anda  80 kg dan tinggi 175  centimeter atau 1, 75 m.

Yang pertama harus anda lakukan adalah mengalikan tinggi badan anda dalam kuadrat yaitu : 1,75 x 1,75 = 3, 06. Lalu  bagi berat badan anda dengan hasil kuadrat tadi : 80 / 3 = 26, 1. Lalu yang terakhir bandingkan 26,1 atau angka BMI anda dengan kategori berat badan dibawah ini :

Angka BMI Berat Badan
Dibawah 18,5 kurang
18,5 – 22,9 Normal
23 – 29,9 Berlebih ( cenderung obesitas )
30 ke atas obesitas

Jadi, angka BMI atau indeks massa tubuh anda bahwa anda cenderung memiliki berat badan yang berlebih.

Baca Juga:

Indeks massa tubuh tidak menjadi tolak ukur berat badan ideal

BMI  merupakan cara menghitung yang mudah untuk anda agar mendapat informasi dasar terhadap masalah berat badan anda secara keseluruhan. Angka ini berperan sebagai peringatan atau tanda dari bahaya dan melindungi seseorang dari kematian atau karena penyakit kronis karena obesitas.

Menurut Live Science, BMI bukan merupakan metode yang paling ideal dan akurat, dan tidak dapat menjelaskan penyebab dari berat badan seseorang. Menurut Dr Rexfors Ahima profesor kedokteran dari Unervisity of Pensylfania ketika akan mendefiniskan berat badan yang sehat satu pengukuran definitif saja tidak dapat diberlakukan untuk semua.

Di dalam BMI juga tidak memperhitungkan jumlah serta distribusi lemak tubuh penting untuk mengukur resiko seseorang terhadap berbagai penyakit kronis. Contohnya orang yang kurus kemungkinan perutnya tetap buncit atau bahkan terkena diabetes. Beberapa contoh lainnya, tinggi badan yang besar seperti binaraga yang memiliki berat badan yang besar karena hasil cara menghitung  massa otot tidak selalu berarti buruk,  banyak juga orang yang memiliki berat badan diatas angka normal dinyatakan sehat.  Angka BMI yang rendah juga bisa diakibatkan karena penyakit tertentu atau faktor usia lanjut.

Loading...

Angka dari BMI juga tidak dapat memperhitungkan perbedaan etnis serta jenis kelamin, usia, tingkat aktivitas fisik, komposisi tubuh, ukuran pinggang. Misalnya saja wanita  memiliki massa tubuh dihitung dan hasilnya normal, namun bisa juga lemak anda tegolong tinggi.

Jadi, dapat disimpulkan jika BMI tidak sepenuhnya mewakili kesehatan tubuh dan resiko penyakit seseorang. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai resiko serta kekhawatiran anda mengenai kondisi kesehatan terkait dengan berat badan anda.

Baca juga:

Demikian informasi mengenai cara menghitung massa otot.  Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Salam sehat !

Loading...

Info Berat Badan Lainnya :

0 Shares