10 Makanan Bayi 7 Bulan Penambah Berat Badan

Posted on

Sebagai seorang ibu, pasti khawatir jika buah hatinya memiliki berat badan yang kurang ideal.  Lalu sebagai ibu pasti akan mencari tahu bagaimana cara untuk menaikkan berat badan bayinya. Salah satunya adalah dengan cara memberikan makanan yang mampu menaikkan berat badan si kecil. Nah kali ini kami akan membahas mengenai makanan bayi 7 bulan penambah berat badan. Apa saja makanan itu? Mari kita simak infonya berikut ini !

Makanan Bayi 7 Bulan Penambah Berat Badan

Berbagai Jenis Makanan Bayi 7 Bulan Penambah Berat Badan

  1. Pisang

Sudah bukan rahasia lagi kalau buah pisang merupakan buah yang kaya akan serat, vitamin C, kalium, vitamin B6 serta sumber mineral lainnya, sehingga buah pisang dapat dijadikan pilihan buah yang dapat menambah berat badan anda. Makanan ini sarat akan gizi dan energi yang dapat anda jadikan sebagai pendamping ASI. Tak heran pisang merupakan  salah satu makanan penambah berat badan bayi 7 bulan. Anda dapat mengolahnya dengan cara menghaluskan atau dicampurkan dengan susu formula agar menjadi bubur. Anda dapat memberikan satu atau setengah buah pisang setiap harinya.

  1. Susu

ASI merupakan makanan yang terbaik sampai bayi usia 2 tahun.  Setidaknya berikanlah Asi Ekslusif selama enam bulan, baru bayi diperkenalkan dengan susu formula. Namun jika ada kendala dalam pemberian ASI, anda dapat memberikan susu formula sebagai pendamping ASI. Pilih susu formula yang kandungan gizinya cukup lengkap sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.  Anda dapat juga searching mengenai merk susu penambah berat badan bayi di internet.

  1. Alpukat

Selain pisang, ada juga buah alpukat yang dapat menambah berat badan bayi 7 bulan anda. Ya buah ini memang kaya akan serat akan tetapi rendah lemak jahat. Jadi bunda tidak perlu khawatir untuk memberikan buah ini pada buah hati anda. Anda dapat menjadikannya resep makanan penambah berat badan bayi usia 7 bulan dengan alpukat dengan cara menghaluskan dan menambah susu, agar lebih terasa enak.

  1. Buah Pear

Buah pear memang buah yang kaya akan mineral dan zat besi, juga merupakan sumber serat  yang diperkaya vitamin B6 dan vitamin C.  Anda dapat menjadikan buah ini sebagai makanan padat pertama pada si kecil dan alternatif menu makanan bayi 7 bulan penambah berat badan.  Buah ini dapat diolah dengan cara menghaluskan, agar si kecil mudah mencernanya.

  1. Ubi manis

Ubi manis merupakan makanan yang kaya akan gula juga beta karoten. Selain itu, ubi manis juga mengandung lemak jenuh yang rendah, serta tinggi akan serat dan tinggi aka magnesium pottasium, vitamin B6, A dan juga vitamin C. Tak heran, makanan ini menjadi salah satu makanan supaya badan bayi padat berisi .  Bunda dapat memberikan ubi manis ini dengan mengolahnya dengan cara dikukus, lalu dihancurkan dengan sendok, lalu dicampur susu dan keju.

  1. Telur

Cara membuat bayi gemuk dan padat selanjutnya yaitu dengan memberikannya telur. Telur merupakan makanan sumber protein yang sangat baik diberikan pada buah hati anda.  Anda dapat mengolah telur dengan cara merebus saja, atau dibuat menjadi pudding. Jika anda bingung dengan olahan telur, anda dapat mencari resep olahan telur yang tepat untuk si kecil.

Baca Dulu:

  1. Kentang

Kentang selain sebagai makanan yang dapat meningkatkan berat badan bayi, ternyata merupakan makanan padat pertama yang baik diperkenalkan pada bayi. Kentang merupakan makanan yang kaya akan serat, vitamin, karbohidrat dan mineral yang dapat menjaga kekebalan tubuh. Kentang ini sangat disarakan diberikan pada bayi karena kentang merupakan makanan yang bertekstur lembut, mudah dicerna serta mudah mengolahnya.  Karena kandungan karbohidratnya yang banyak, maka kentang akan membuat bayi lebih terasa kenyang lebih lama dan tak salah menjadi makanan bayi 7 bulan penambah berat badan. Anda dapat memberikan kentang pada buah hati anda dengan cara dibuat menjadi sup, atau dengan mengukusnya, lalu dihaluskan.

  1. Gandum

Gandum merupakan makanan yang sangat baik untuk anda berikan pada buah hati anda. Gandum juga dapat dijadikan alternatif sebagai makanan penambah berat badan bayi anda.  Gandum mampu menjaga dan menstabilkan kadar gula dalam darah.  Gandum juga dapat memberikan energi yang cukup dibutuhkan bayi dalam jangka waktu lama.  Serat dalam gandum juga mampu melindungi sistem pencernaan pada si kecil yang masih sensitif.

  1. Daging ayam
Loading...

Makanan bayi 7 bulan penambah berat badan selanjutnya adalah daging ayam. Daging ayam merupakan makanan yang kaya akan protein dan kaya akan vitamin B12 yang tidak terdapat dalam makanan sumber nabati. Daging ayam cocok bagi anda yang ingin anaknya bertambah berat badannya. Anda dapat mengolah daging ayam ini menjadi nasi tim dengan ditambahkan ayam dan sayuran lainnya.

  1. Minyak zaitun

Sudah bukan rahasia lagi jika minyak zaitun memiliki beberapa khasiat, seperti mencegah kanker dan mencegah penyakit lainnya. Namun ternyata minyak zaitun juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menakikkan berat badan si kecil. Kandungan minyak zaitun ini adalah lemak tak jenuh, dan dapat dijadikan minyak nabati yang cukup sehat dibanding dengan minyak lainnya.  Bunda dapat mengolah resep makanan penambah berat badan bayi usia 7 bulan dengan menggunakan minyak zaitun. Hal ini tentu sangat baik untuk menaikkan berat badan bayi 7 bulan anda dengan cara yang sehat.

Baca Juga:

Nah itu dia 10 makanan bayi 7 bulan penambah berat badan yang dapat anda berikan pada si kecil. Yang perlu diperhatikan adalah anda dituntut untuk memperhatikan kebutuhan serta keinginan bayi anda ya. Jangan terlalu memaksa jika ia tidak menyukainya, karena hal ini justru akan membuat bayi anda enggan untuk makan. Perkenalkan makanan yang baru dan bervariasi agar anak tidak mudah bosan dan nafsu makannya selalu terjaga. Semoga informasi ini bermanfaat ya ! sampai jumpa !

Info Berat Badan Lainnya :

Ketekunan tidak akan membohongi hasil. Memiliki hobi menulis dan masih belajar menulis untuk beberapa blog disamping kesibukan offline. Bidang berkaitan dengan kesehatan, sedikit dikuasai karena basic pendidikan formal yakni Biologi dimana di dalamnya termasuk Gizi dan Pangan.

0 Shares