Ini Dia, Tubuh Ideal Wanita Umur 16 Tahun!

Posted on

Berat badan ideal – Memiliki bentuk tubuh ideal merupakan kebanggaan tersendiri bagi setiap orang, apalagi remaja. Remaja usia 16 tahun merupakan masa – masa indah dan sayang sekali jika dilewatkan. Jika kalian saat ini berumur 16 tahun, artikel kali ini akan menjelaskan tentang tubuh ideal wanita umur 16 tahun.

tubuh ideal wanita umur 16 tahun

Tubuh ideal wanita umur 16 tahun

Jika diusia kalian (16 tahun), memiliki tinggi badan 150 cm maka berat badan ideal kalian antara 45 – 50 kg.  Untuk tinggi badan 152 cm maka bentuk badan ideal antara 46 – 51 kg. Jika tinggi badan kalian 154 maka bentuk badan sedang antara 47 – 53 kg. Untuk tinggi badan 157 maka berat badan sedang antara 48 – 54 kg. Untuk kalian yang memiliki tinggi 160 cm maka bentuk badan dikatakan sedang jika memiliki berat badan antara 50 – 56 kg.

Untuk remaja putri Indonesia, tinggi badan idealnya adalah 162,5 cm. Untuk berat badan idealnya adalah 51 – 57 kg.

Nah, jika kalian berusia diatas 18 tahun atau 21 tahun, maka untuk mengetahui berat badan ideal dihitung dengan cara mengurangi tinggi badan dengan angka 100. Kemudian dikurangi lagi 10%.

Misalnya, tinggi badan kalian 170 cm, maka berat badan idealnya yakni (170 – 100) – 10% = 63 kg.

Namun untuk menggunakan rumus ini harus disesuaikan dengan bentuk rangka tulang tubuh atau otot dari masing – masing individu. Jika memiliki rangka tubuh atau otot yang dimiliki besar, maka perlu ditambah 10% dari nilai. Sebaliknya, jika rangka otot tubuh kecil maka perlu kita kurangi sebanyak 10% dari nilai.

Bagi remaja umur 16 tahun yang memiliki rangka tubuh atau otot besar maka berat badan idealnya yakni 63 + 6.3 = 69.3 kg. Sedangkan yang memiliki tubuh dengan rangka kecil atau otot kecil maka 63 – 6.3 = 57.7 kg.

Faktor yang mempengaruhi tinggi badan

tubuh ideal wanita umur 16 tahun

Beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan terutama tinggi badan adalah faktor keturunan, gizi, faktor lingkungan.

Faktor keturunan merupakan faktor genetik yang diwariskan oleh kedua orang tua kita. Faktor ini tidak bisa kita ubah karena sifat – sifat yang dimiliki oleh orang tua, termasuk bentuk fisik akan diwariskan dari orang tua kepada anaknya.

Untuk faktor  gizi, sudah jelas jika asupan makanan yang memiliki gizi seimbang akan sangat membantu tumbuh kembang seseorang terutama saat dalam usia pertumbuhan.

Baca juga :

Usia pertumbuhan mulai dari bayi sampai remaja usia 13 tahun sangat membutuhkan asupan gizi yang baik untuk tumbuh kembang badan di hari kemudian.

Oleh karena itu, banyak orang tua yang memberikan asupan makanan yang bergizi dan sebagai tambahan mereka para orang tua memberikan susu sebagai asupan nutrisi tambahan.

Beberapa susu untuk mendukung pertumbuhan anak terutama tulang biasanya adalah susu yang mengandung kalsium yang tinggi. Kalsium ini dibutukan untuk pertumbuhan tulang sehingga pertumbuhan tinggi badan bisa lebih optimal.

Pertambahan tinggi badan ini bisa terjadi karena pertumbuhan tulang epifise serta tulang rawan masih memungkinkan dimasa pertumbuhan. Biasanya pertumbuhan ini terjadi pada organ kaki serta tulang belakang.

Loading...

Perlu kita ketahui jika persentase tinggi badan orang Indonesia lebih rendah dari Negara Asia lainnya, bahkan seperti Negara Jepang ataupun Singapura. Ini telah disurvei oleh beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Memiliki tubuh ideal saat umur 16 tahun bisa menjadikan remaja puteri tersebut semakin percaya diri. Apalagi mereka berkeinginan untuk melanjutkan sekolah pendidikan, misal sebagai polwan. Maka tinggi badan tentunya menjadi faktor yang penting.

Baca juga :

Nah, sekarang kalian sudah tahu tentang tubuh ideal wanita umur 16 tahun. Dengan asupan gizi yang ditambah asupan nutrisi tambahan seperti susu dapat kalian coba untuk mendapatkan berat dan tinggi badan ideal. Selain itu lakukan juga olahraga yang mendukung pertumbuhan tulang seperti berenang dan skipping.

Info Berat Badan Lainnya :